Dukungan Calon Perseorangan di Verifikasi Faktual seperti Sensus Penduduk

Komisioner KPU Solsel Divisi Teknis Wilson Chaniago
Komisioner KPU Solsel Divisi Teknis Wilson Chaniago (KLIKPOSITIF/Kaka)

SOLSEL KLIKPOSITIF -Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan ( Solsel ) Divisi Teknis Wilson Chaniago mengungkapkan setelah verifikasi administrasi, ada perubahan sistem verifikasi faktual untuk Pilkada serentak tahun 2020 dibandingkan Pilkada sebelumnya.

Dia menyebutkan pasal 23 ayat 1 PKPU 18 tahun 2019 berbunyi Panitia Pemungutan Suara (PPS) melakukan verifikasi faktual dengan cara mendatangi setiap tempat tinggal pendukung yang telah dinyatakan memenuhi syarat administratif untuk mencocokkan kebenaran nama, alamat pendukung dan dukungannya kepada bakal pasangan calon dengan dokumen identitas kependudukan asli.

baca juga: Jalan Simpang Limau Gaduang Solsel Dibangun Tahun Ini

"Sebelumnya dukungan yang diserahkan calon dilakukan verifikasi faktual secara acak, sekarang sesuai PKPU tersebut dukungan yang diserahkan diverifikasi faktual semuanya," Kata Divisi Teknis KPU Solsel Wilson Chaniago

Dia melanjutkan jika pendukung pasangan calon menyatakan kebenaran dukungannya, dukungan yang bersangkutan dinyatakan memenuhi syarat.

baca juga: Pada 2021, Gerbang Masuk ke Solok Selatan dari Kerinci Dibangun

"Tetapi bila pendukung menyatakan tidak memberikan dukungannya, yang bersangkutan diminta mengisi lampiran berita acara model BA.5-KWK perseorangan dan menulis pada kolom keterangan tidak mendukung dalam formulir B.1.1KWK perseorangan," katanya.

Dia menambahkan dalam hal pendukung menyatakan tidak memberikan dukungannya, tetapi tidak bersedia mengisi formulir model BA.5-KWK, dukungannya tetap dinyatakan sah.

baca juga: Jawab Aspirasi Masyarakat, Zigo: Jembatan Sungai Salak Dibangun Tahun Ini

"Kalau berdasarkan kesaksian pengawas Kecaamatan/PPL pengawas lapangan yang dinyatakan secara tertulis bahwa pendukung tersebut tidak memberikan dukungannya maka dukungan tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat," jelasnya.

Penulis: Kamisrial | Editor: Haswandi