Pemkab Pessel Helat Pilwana 2020, Berapa Anggaran yang Disediakan?

PESSEL , KLIKPOSITIF -Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat bakal melaksanakan pemilihan wali nagari ( Pilwana ) serentak pada 20 April tahun ini. Pemerintah setempat anggarkan Rp150 juta untuk penyedian kotak suara untuk 19 nagari.

"Karena kita hanya menganggarkan untuk kotak suara dari APBD. Sedangkan, untuk kepetingan lainnya diatur dalam dana masing-masing nagari," ungkap Kepala DPMNP2KB Pesisir Selatan , Wendi saat dihubungi KLIKPOSITIF , Jumat 21 Februari 2020.

baca juga: DPRD Pessel Sebut Penghentian Gedung Baru RSUD Painan Tidak Bisa Sepihak

Dari 19 nagari tersebut, tersebar di 12 kecamatan di Pesisir Selatan . Namun, Wendi tidak menyebut secara rinci. Setidaknya, hal ini akan menjadi pesta rakyat pertama, di daerah itu, sebelum Pilkada 2020 serentak.

Ia menjelaskan, untuk tahapan sendiri, sudah dimulai 20 Februari lalu. Disusun dengan pembentukan panitia di masing-masing nagari, dan Pemkab Pessel juga membutuhkan data pemilih ke KPU.

baca juga: Terkait Pembangunan RSUD, Bupati Pessel: Kalau Saya Lanjutkan, Saya akan Menjadi Tersangka

"Dan saat ini kita sedang proses meminta data pemilih sementara ke KPU. Karena kita akan menetapkan pemilih. Kalau sudah keluar dari KPU," terangnya.

Ia berharap, dalam Pilwana tahun ini, demokrasi masyarakat bisa berjalan baik. Selain mengharapkan partisipatif masyarakat, juga mengharapkan bakal calon bersaing secara cerdas.

baca juga: Melirik Bisnis Kuliner Randang Ega di Pessel

"Kalau ada semacam rivalitas, itu hal yang wajar. Tapi harus sportif," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera