Seminggu Berlangsung, SP Online di Pessel Baru Capai 1 Persen

Kantor BPS Pesisir Selatan
Kantor BPS Pesisir Selatan (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL , KLIKPOSITIF -Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat mencatat, semingu bejalan Sensus Penduduk (SP) 2020, baru sekitar 1 persen penduduk yang melakukan input data.

Data dari BPS Pesisir Selatan , 1 persen itu terhitung dari 150 ribu kepala keluarga (KK) di daerah itu. Sensus online, berlangsung sejak 15 Februari 2020 lalu, hingga 31 Maret 2020. Sedangkan, untuk sensus penduduk (SP) secara langsung bakal dilaksanakan Juli 2020.

baca juga: KPU Prediksi Jumlah Pemilih Pemula di Pessel Bertambah pada Pilkada 2020

"Ya, karena berjalan masih awal. Kemudian, kami masih melakukan sosialisasi berjenjang. Jadi, belum banyak," ungkap Kepala BPS Pesisir Selatan , Yudi Yos Alfin kepada KLIKPOSITIF , Jumat 21 Februari 2020.

Ia menjelaskan, adanya sensus online tersebut, guna mendorong pendataan masyarakat secara baik. Sebab, di sini bisa mengakses secara langsung, tanpa harus didatangi.

baca juga: KKN di Tengah Pandemi, Mahasiswa KKN UNRI di Pessel Bagi-bagi Masker

"Mudah-mudahan SP online bisa capai target nasional, yang disebutkan pimpinan antara 20 sampai 30 persen," terangnya.

Ia berharap, berlangsungnya SP online ini, masyarakat bisa menginput data secara jujur. Sebab, data yang terinput akan menjadi wajah daerah tentang kondisi riil hari ini.

baca juga: Belajar dari Korsel, KPU Pessel Optimis Target Partisipasi Pemilih Tercapai

"Cara mengaksesnya, kita bisa menginput dengan memasukan data KK dan KTP. Jadi kami sangat mengharapkan partisipatif masyarakat, bisa menyukseskan SP kita tahun ini," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi