Gempa di Italia Setidaknya 20 Orang Meninggal

Gempa di Italia
Gempa di Italia (Quake devastates mountain towns in central Italy, at least 20 believed killed)

ITALIA, KLIKPOSITIF - Gempa bumi hancur sejumlah kota pegunungan di Italia tengah pada Rabu pagi 24 Agustus 2016. Hal itu menyebabkan sejumlah warga terperangkap di bawah bukit batu yang menyebabkan 20 orang meninggal dunia dan puluhan lainnya masih dinyatakan hilang.

Dilansir dari laman reuters, gempa melanda pada pagi hari saat oramng-orang masih tidur. Hal itu juga meratakan rumah dan meretakkan jalan di cluster kota-kota dan desa-desa sekitar 140 km (85 mil) timur dari Roma.

baca juga: Pakar Gempa Ingatkan Warga Terkait Gempa dan Tsunami yang Masih Mengancam Kota Padang

Layanan darurat merilis foto udara yang menunjukkan wilayah seluruh kota Amatrice rata dengan tanah, sementara puing-puing memenuhi jalan-jalan di dekatnya.

"Sekarang siang telah datang, kita melihat bahwa situasi bahkan lebih mengerikan daripada yang kita takut, dengan bangunan runtuh, orang yang terjebak di bawah reruntuhan dan tidak ada suara dari kehidupan," kata Walikota Accumoli, Stefano Petrucci.

baca juga: 150 Rumah dan Infrastruktur Publik Rusak Akibat Gempa 6,1 SR di Maluku Tengah

Rumah mengalami retak yang sangat besar pada bangunan. Warga yang masih terjebak di bawah reruntuhan masih divcari dengan anjing pelacak.

Para pejabat mengatakan enam orang diketahui meninggal di Accumoli dan enam dilaporkan meninggal di Amatrice.

baca juga: Soal Kesiapan Padang Menghadapi Gempa, Begini Kata Badrul Mustafa

"Tiga perempat dari kota sudah tidak ada lagi. Ada suara-suara di bawah reruntuhan, kita harus menyelamatkan orang-orang di sana," kata Walikota Amatrice.

Sementara itu, rumah sakit kota telah rusak parah akibat gempa . Pasien dipindahkan ke jalan-jalan. Gempa ini menyebabkan kerusakan kota di tiga wilayah yakni Umbria, Lazio dan Marche.

baca juga: Subuh-subuh, Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Pasaman

AS Geological Survey melaporkan gempa dengan kekuatan 6,2 magnitude. Gempa menghantam kota Umbria dari Norcia, sementara lembaga gempa Italia INGV mencatat gempa 6.0 dengan pusat gempa lebih jauh ke selatan, dekat dengan Accumoli dan Amatrice.

Penulis: Fitria Marlina