Hadapi Pilkada, PDIP Akan Bentuk Satgas Anti Hoax

Alex Indra Lukman, Ketua DPD PDIP Sumatera Barat
Alex Indra Lukman, Ketua DPD PDIP Sumatera Barat (Halber Chaniago)

PADANG, KLIKPOSITIF Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDIP , Alex Indra Lukman mengatakan bahwa pihaknya akan mempersiapkan Satuan Tugas (Satgas) anti hoax untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Menurutnya, hal tersebut perlu dilaksanakan, mengingat akan banyaknya kampanye negatif dan kampanye hitam yang akan terjadi sebelum dilakukan pemilihan.

baca juga: Tidak Terawat, UMSB Rencana Bangun Replika Markas Syafruddin Prawiranegara di Koto Tinggi Limapuluh Kota

"Belajar dari Pemilu Legislatif dan Pilpres yang lalu, Satgas ini sangat penting untuk meminimalisir terjadinya kampanye yang tidak baik," katanya saat diwawancarai, Sabtu 22 Februari 2020 di Padang.

Ia mengatakan, Satgas tersebut nantinya bertugas untuk memantau kampanye yang dilakukan oleh lawan politik . Jika ada kampanye yang buruk, maka akan langsung dilaporkan kepada Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu).

baca juga: Maju Pilkada Bukittinggi, Erman Safar Juga Doakan Petahana

"Kampanye ini harusnya dilakukan dnegan mempromosikan diri serta visi/misi yang dibawa oleh pasangan calon. Bukannya menyebar keburukan lawan politik ," lanjutnya.

Alex mengatakan bahwa pihaknya akan membentuk satgas tersebut setelah pendaftaran seluruh pasangan calon selesai hingga akhir Pilkada kelak.

baca juga: Legislator: Reshuffle Kabinet Hak Prerogatif Presiden

"Anggota Satgas ini nantinya merupakan kader PDIP yang siap untuk diturunkan dalam tugas pengawasan ini. Mereka adalah relawan yang dibentuk," lanjutnya.

Ia berharap, dengan terbentuknya Satgas tersebut bisa menciptakan Pilkada yang damai dan badunsanak di Sumatera Barat.

baca juga: Kabupaten Solok Terima Suntikan Dana Rp18 Miliar dari Kemen-PUPR

Seperti diketahui, Pilkada di Sumatera Barat akan dilaksanakan di 13 Kabupaten/Kota dan satu di Provinsi. Seluruhnya akan dilaksanakan secara serentak pada Juni mendatang.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri