Gempa Bengkulu Dirasakan Hingga ke Padang

Lokasi gempa Muko-muko Bengkulu, Rabu (24/08/2016)
Lokasi gempa Muko-muko Bengkulu, Rabu (24/08/2016) (BMKG)

KLIKPOSITIF Gempa berkekuatan 5,8 SR mengguncang Bengkulu sekitar pukul 20.48 WIB, Rabu 24 Agustus 2016.  Dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa ini terjadi di wilayah 155 kilometer barat daya Muko-muko Bengkulu dengan kedalaman 21 kilometer. Lokasi gempa tersebut berada di 2.95 LS-100.07 BT dan tidak berpotensi tsunami.

BMKG juga merilis, gempa itu dirasakan di Muko-muko Bengkulu dengan skala intensitas II MMI, sementara di Kota Bengkulu hanya dirasakan I MMI.

baca juga: Pakar Gempa Ingatkan Warga Terkait Gempa dan Tsunami yang Masih Mengancam Kota Padang

Tak hanya dirasakan di Bengkulu, tapi gempa ini juga cukup kuat dirasakan warga Pagai Selatan dan Pagai Utara Kepulauan Mentawai-Sumbar. Bahkan guncangan gempa itu juga dirasakan oleh sebagian warga Sikakap Mentawai, serta warga Kota Padang-Sumbar.

Meski sebagian masyarakat Kota Padang merasakan guncangan gempa itu, namun sebagian besar warga lebih memilih tetap berada di rumahnya, karena saat kejadian Kota Padang sedang diguyur hujan lebat.

baca juga: 150 Rumah dan Infrastruktur Publik Rusak Akibat Gempa 6,1 SR di Maluku Tengah

“Saya sedang berada di rumah kawasan Indarung, dan saat gempa kami sedang nonton TV. Gempanya cukup terasa kuat sekali, karena saya sedang berada di lantai tiga. Tapi guncangan tidak lama, karena itu kami bertahan dalam rumah,” ujar Fitri.

Penulis: Iwan R