Jelang Pilkada 2020, Wapres Ingatkan Hal Ini

Wakil Presiden RI Ma'aruf Amin saat memberikan sambutan dalam peluncuran IKP Pilkada 2020 di Jakarta, Selasa 25 Februari 2020
Wakil Presiden RI Ma'aruf Amin saat memberikan sambutan dalam peluncuran IKP Pilkada 2020 di Jakarta, Selasa 25 Februari 2020 (Bawaslu)

KLIKPOSITIF - Bawaslu harus terus bekerja keras untuk menjaga kepercayaan publik terhadap kinerja penyelenggara pemilu atau pilkada . Kesuksesan mengawasi Pemilu 2019 lalu membuat optimisme masyarakat terhadap kinerja Bawaslu semakin tinggi.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat memberi sambutan dalam peluncuran Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pilkada Serentak 2020 di Jakarta, Selasa (25/02/2020).

baca juga: Ada 17 Penambahan Positif COVID-19 di Sumbar per 3 Agustus 2020

" Bawaslu harus jaga kepercayaan publik. Saya yakin Bawaslu mampu melaksanakan tugas itu," ucapnya.

Ma'aruf menyatakan, keyakinan itu didasarkan pengalaman Bawaslu mengawasi tahapan Pilkada 2017 dan Pemilu 2019. Dalam tahapan tersebut, menurutnya peran Bawaslu sangat penting bagi berjalannya demokrasi di Indonesia yang sehat dan transparan.

baca juga: Viral Wanita Bakar Bendera Merah Putih, Ngaku Diperintah Pimpinan PBB

"Salah satu indikator kesukseskan pemilu dipengaruhi oleh fungsi pengawasan yang profesional. Bawaslu bisa melakukan hal tersebut," tuturnya.

Ma'ruf tidak lupa memberi selamat kepada Bawaslu yang telah meluncurkan IKP Pilkada Serentak 2020. IKP baginya merupakan salah satu instrumen penting guna menjamin kesuksesan pesta demokrasi. "Di dalamnya terdapat beberapa hal yang melatarbelakangi terjadinya kerawanan dalam pemilu. Tetapi harus diantisipasi dengan baik," pinta dia.

baca juga: Prabowo Teken Dukungan Gerindra untuk Gibran Jadi Wali Kota Solo

"Saya berharap IKP dapat dimanfaatkan secara optimal untuk antisipasi potensi kerawanan pilkada . Tidak hanya untuk Bawaslu tapi IKP juga berguna untuk pihak-pihak terkait," tambahnya. (*)

Editor: Eko Fajri