Pemda Tanah Datar Siapkan Satu Ton Bawang Putih Untuk Operasi Pasar

Pedagang komoditas pangan di Pasar Batusangkar
Pedagang komoditas pangan di Pasar Batusangkar (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bersama Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat akan menggelar operasi pasar khusus komoditi Bawang Putih di Pasar Batusangkar pada Kamis 27 Februari 2020.

"Kita berharap operasi pasar ini mampu menstabilkan harga Bawang Putih yang melonjak tajam, kemudian juga dapat mengendalikan tingkat inflasi daerah ," ucap Asisten II Setdakab Tanah Datar Edi Susanto di Pagaruyung, Rabu 26 Februari 2020.

baca juga: Sistem PPDB Tahun Ini Bikin Pelajar Terancam Putus Sekolah, Mario Syahjohan: Harus Segera di Evaluasi

Ia menyebut saat ini harga Bawang Putih berkisar antara Rp40.000 sampai Rp45.000 perkilogram. Harga ini terkait kebijakan pemerintah daerah yang memperketat impor Bawang Putih dari negara China.

Saat operasi pasar , pemerintah daerah akan menyiapkan 1 ton Bawang Putih dengan harga jual Rp32.000 perkilogram.

baca juga: Cegah Konflik Ditengah Masyarakat, Sekda: FKDM Harus Berperan Aktif

"Selain menggelar operasi pasar , pemerintah daerah membuat program bantuan bibit tanaman Bawang Putih dan komoditi lainnya sehingga ke depan dapat mengurangi ketergantungan terhadap komoditi impor," tutur Edi.

Ia menyampaikan sasaran operasi pasar ini untuk membantu masyarakat memperoleh harga Bawang Putih yang lebih murah sehingga menekan pengeluaran rumah tangga. (*)

baca juga: Lakukan Perlawanan, Polres Padang Pariaman Bekuk Pelaku Penusuk Wanita dengan Timah Panas

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri