Satpol PP Tanah Datar Tertibkan Bangunan Tak Ber-IMB

Tim Gakkumda Satpol PP melakukan operasi penertiban bangunan
Tim Gakkumda Satpol PP melakukan operasi penertiban bangunan (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Tanah Datar terus melakukan penertiban terhadap bangunan yang tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan ( IMB ) dari pihak terkait.

"Sejak Januari 2020, kita telah menurunkan tim Penegakan Hukum Peraturan Daerah (Gakkumda) dalam rangka menertibkan bangunan yang melanggar Perda Nomor 4 tahun 2011 tentang Bangunan Gedung," ucap Kasatpol PP dan Damkar Tanah Datar Yusnen di Batusangkar, Rabu 26 Februari 2020.

baca juga: Satu Rumah di Tabek Patah Tanah Datar Terbakar, Tiga Mobil Damkar Diturunkan

Ia menyebut untuk tahap awal bagi pemilik bangunan, baik berupa rumah pribadi atau untuk usaha yang belum mengantongi IMB , Tim Gakkumda akan memberikan sanksi administratif berupa teguran pertama sampai ketiga.

"Apabila teguran ini tidak diindahkan, maka akan diterapkan sanksi yang lebih tinggi sebagaimana diatur dalam Perrda Nomor 4 tahun 2011 berupa pembongkaran bangunan," kata Yusnen.

baca juga: Kasus Positif COVID-19 di Puskesmas Limo Kaum I, Masyarakat yang Pernah Berkunjung Diminta Test Swab

Sementara itu, Kepala Seksi Penegakan Perda Satpol PP dan Damkar Tanah Datar Elfiardi menyampaikan selama melaksanakan operasi penegakan Perda, ditemukan sebagian besar bangunan baru belum memiliki IMB .

Namun, tuturnya, sampai saat ini cukup banyak pemilik bangunan baru, langsung mengurus IMB begitu menerima surat teguran dari Satpol PP dan Damkar.

baca juga: Kapan SMA di Payakumbuh, Lima Puluh Kota, dan Tanah Datar Kembali Dibuka, Ini Jawaban Kacabdin Wilayah 4 Sumbar

"Bagi yang tidak keluar IMB -nya berarti bangunan itu tidak memperhatikan Garis Sempadan Bangunan (GSB), dimana GSB jalan kabupaten adalah 10 meter sedangkan jalan provinsi 15 meter," ucap Elfiardi. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Haswandi