Waspadai Zat Berbahaya di Makanan, Pemko Pariaman Jalin Kerjasama dengan BBPOM Padang

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota Pariaman akan jalin kerjasama dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan ( BBPOM ) Padang, Provinsi Sumbar. Wakil Walikota Pariaman , Mardison Mahyuddin menyambut baik kunjungan tersebut dan diterima langsung di ruang kerjanya, Kamis (16/1).

Mardison Mahyuddin juga mengatakan selain untuk bersilaturahmi, sekaligus untuk membicarakan tentang kerjasama dan melakukan kesepakatan antara Pemko Pariaman dengan BBPOM Padang.

baca juga: Mengenal Eddy Junaedi, Orang Nomor Satu di Lapas Pariaman

"Kerjasama ini akan dilaksanakan dan akan kita perbanyak pemeriksaan makanan dan kuliner-kuliner yang mungkin akan membahayakan kesehatan, sehingga masyarakat Kota Pariaman bersih dari segala bahan-bahan makanan yang merusak tubuh generasi muda Kota Pariaman ," ungkapnya.

"Setelah kerjasama tersebut terlaksana, kita akan turun ke desa-desa, sekolah-sekolah maupun kantor-kantor dan melihat seluruh makanan maupun kuliner, akan diperiksa seluruhnya agar bersih dan terbebas dari zat-zat yang akan membahayakan tubuh," sambungnya.

baca juga: Ini Kalender Event Pariwisata Pariaman 2021

Sementara itu, Kepala BBPOM Padang, Martin Suhendri mengungkapkan, sesuai dengan implementasi instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2017 tentang Peningkatan Efektivitas dan Penguatan Pengawasan Obat dan Makanan serta Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 41 tahun 2018 tentang Peningkatan Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan dimasing-masing daerah. BBPOM Padang menindaklanjuti dengan menjalin kerjasama dengan Pemko Pariaman . Walaupun tiga tahun sebelumnya sudah dilaksanakan , kita akan memperbaharui MoU, terang Martin .

"Untuk itu kami ingin menindaklanjuti kerjasama ini dan membuat kembali serta memperbaharui MoU yang sebelumnya tiga tahun yang lalu sudah melakukan kerjasama bersama Kepala BBPOM yang lama," katanya.

baca juga: Polisi Tangkap Seorang Pemuda Diduga Pengedar Sabu di Pariaman

Dengan perkembangan zaman, nantinya dilihat kebutuhan dari Pemko Pariaman sendiri yang harus ditambahkan, seperti adanya pangan-pangan atau jajanan anak sekolah, makanan kuliner yang ada di sepanjang Pantai Gandoriah dan kuliner khas dari Kota Pariaman lainnya.

"Oleh sebab itu, semuanya harus kita kawal agar makanan tersebut aman dikonsumsi. Dan sekaligus untuk melindungi masyarakat Kota Pariaman , dan mohon kepada masyarakat Kota Pariaman untuk mendukung program keamanan obat dan makanan yang ada di Kota Pariaman ," tambahnya.(*)

baca juga: Dua Bagunan Aset Wisata Pariaman Rusak Parah, Ini Tanggapan Kadis Wisata

Penulis: Rehasa | Editor: Ocky Anugrah Mahesa