Bawaslu dan Pramuka Kota Solok Bentuk Saka Adhyasta Pemilu

Kwarcab Pramuka Kota Solok Rapat Pembentukan Saka Adyasta Pemilu dengan Bawaslu Kota Solok
Kwarcab Pramuka Kota Solok Rapat Pembentukan Saka Adyasta Pemilu dengan Bawaslu Kota Solok (Ist)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Kota Solok menggandeng Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Solok untuk membentuk Satuan Karya Pramuka (Saka) Adhyasta Pemilu.

Menurut Ketua Bawaslu Kota Solok , Triati, pembentukan Saka Adhyasta Pemilu merupakan upaya melibatkan berbagai komponen dalam pengawasan, termasuk kalangan Pramuka .

baca juga: Penjelasan KPU Sumbar Terkait Pemilih OTG, PDP, dan Isolasi Mandiri

"Kerjasama pengawasan partisipatif dengan Pramuka ini memang dilakukan mulai dari tingkat pusat hingga daerah," sebut Triati, Kamis (27/2/2020).

Pihaknya berharap, dengan adanya partisipasi semua pihak dalam pengawasan tahapan pemilihan serentak yang dilakukan akan meningkatkan kualitas pelaksanaan pesta demokrasi di Kota Solok .

baca juga: Begini Prosedur Pencoblosan pada Pilkada 9 Desember 2020

"Pengawasan pemilihan secara partisipatif oleh seluruh komponen akan mampu mendorong terwujudnya pemilihan yang berkualitas, jujur dan adil sesuai amanah konstitusi," sebutnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Solok , Reinier yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Kota Solok menyebutkan, Pramuka Kota Solok siap mendorong peningkatan kualitas penyelenggaraan pemilu dengan ikut serta mengawasi.

baca juga: Terkait Netralitas, 7 ASN Kabupaten Solok Dipanggil Bawaslu

"Dengan pemahaman soal pengawasan yang diberikan nantinya, Pramuka kota Solok juga bisa memberikan edukasi dan pendidikan politik bagi masyarakat dalam upaya peningkatan partisipasi," sebut Reinier.

Reinier juga mengajak seluruh komponen masyarakat Kota Solok untuk ikut aktif menyukseskan penyelenggaraan dan pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Solok .

baca juga: Meninggal, Seorang Warga Kota Solok Dimakamkan dengan Prosedur Covid-19

Sebelumnya, bertempat di Kantor Bawaslu Kota Solok , Komisioner Bawaslu juga sudah melakukan pertemuan dengan pengurus Pramuka Kota Solok untuk membentuk Saka Adhyasta Pemilu, Selasa (25/2/2020).

Dalam musyawarah tersebut, Bawaslu dan Pramuka Kota Solok menyepakati Pembentukan Satuan Karya Pramuka Adhyasta Pemilu Kota Solok . Struktur dan kepengurusan langsung ditetapkan dan segera dilantik.

Penulis: Syafriadi | Editor: Rezka Delpiera