Tim Penyelamat Masih Bekerja Temukan Korban Gempa Italia

Penyelamat bekerja di malam hari di sebuah rumah runtuh menyusul gempa bumi di Pescara del Tronto, Italia tengah, 24 Agustus 2016.
Penyelamat bekerja di malam hari di sebuah rumah runtuh menyusul gempa bumi di Pescara del Tronto, Italia tengah, 24 Agustus 2016. ( REUTERS / Remo Casilli)

ITALIA, KLIKPOSITIF - Tim penyelamat bekerja sepanjang untuk menemukan korban selamat di bawah puing-puing yang tersisa dari kota-kota Italia tengah yang dilanda gempa pada Rabu 24 Agustus 2016. Hingga saat ini, 159 orang dilaporkan meninggal dunia.

Dilansir dari laman reuters, salah satu hotel yang runtuh di kota kecil Amatrice diperkirakan memiliki sekitar 70 tamu. "Dan hanya tujuh jenazah yang baru ditemukan. Ini salah satu daerah terburuk," ungkap walikota kota itu.

baca juga: Gempa Darat Guncang Bukittinggi, Getarannya Dirasakan di Sejumlah Daerah

Gempa berkekuatan 6,2 SR meratakan rumah dan jalan di sebuah cluster masyarakat gunung 140 km (85 mil) timur dari Roma. Gempa cukup kuat dirasakan di Bologna ke utara dan Naples ke selatan, masing-masing berjarak lebih dari 220 km (135 mil) dari pusat gempa .

"Malam ini akan menjadi mimpi buruk malam pertama kami," kata Alessandro Gabrielli, salah satu dari ratusan orang yang mempersiapkan tidur di tenda-tenda yang didirikan oleh petugas penyelamat di ladang dan tempat parkir.

baca juga: Pakar Gempa Ingatkan Warga Terkait Gempa dan Tsunami yang Masih Mengancam Kota Padang

"Tadi malam, aku terbangun dengan suara yang terdengar seperti bom," tambahnya.

Tim penyelamat bekerja dengan pencahayaan darurat dalam kegelapan. Mereka menemukan seorang gadis berusia 10 tahun yang keluar dari puing-puing reruntuhan dengan keadaan masih hidup. Ia berbaring selama 17 jam di dusun Pescara del Tronto.

baca juga: 150 Rumah dan Infrastruktur Publik Rusak Akibat Gempa 6,1 SR di Maluku Tengah

Banyak anak-anak lain yang tidak begitu beruntung. Di desa terdekat dari Accumoli, dua anak laki-laki berusia 8 bulan dan 9 tahun tertimbun oleh rumah mereka sendiri.

Berdasarkan pantauan lapangan, pekerja menyelamatkan bayi dengan selimut kecil. Sebagian orang tua juga meratapi kejadian itu.

baca juga: Soal Kesiapan Padang Menghadapi Gempa, Begini Kata Badrul Mustafa

Penulis: Fitria Marlina