Cuaca Panas, Delapan Kebakaran Lahan Terjadi di Padang

Kebakaran hutan di Bukit Tarantang pada Rabu 26 Februari 2020 lalu
Kebakaran hutan di Bukit Tarantang pada Rabu 26 Februari 2020 lalu (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Sebanyak delapan kebakaran lahan terjadi di Kota Padang selama sepekan terakhir. Hal tersebut dikarenakan cuaca panas yang disertai angin kencang yang melanda beberapa daerah di Sumatera Barat sejak beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang , Dedi Henidal mengatakan bahwa pihaknya telah memadamkan api akibat kebakaran lahan di empat Kecamatan di Padang .

baca juga: Minang Soto, Sajikan Soto Resep Keluarga Penggugah Selera

" Kebakaran lahan terjadi di delapan lokasi yang terletak di empat Kecamatan di Kota Padang . Itu karena cuaca panas dan masyarakat yang membakar sampah di lahan tersebut," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF .com, Jumat 28 Februari 2020.

Ia mengatakan, kebakaran lahan terbanyak terletak di Kecamatan Koto Tangah dengan laporan sebanyak empat kejadian.

baca juga: Pemko Padang Anggarkan Lagi Rp60 Miliar Untuk Tangani COVID-19, Fokus Hal Ini

Selain itu, di Jalan Ahmad Yani dua kejadian dengan lokasi yang sama. Jalan Gajah Mada satu kejadian dan yang paling luas di Bukit Tarantang, Kecamatan Lubuk Kilangan.

"Kebanyakan kebakaran ini terjadi karena sembarangan membuang puntung rokok dan juga pembakaran sanpah," katanya.

baca juga: 519 Orang Positif Covid-19 di Kota Padang, 91,1 Persen OTG dan ODP

Karena kegiatan itu, menurutnya api menjalar saat dituip oleh angin dan ditambah lagi dengan cuaca panas yang membuat tanaman yang sudah mati disekitar lokasi kering sehingga mudah terbakar.

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan dan tidak membakar sampah meskipun di lokasi yang merupakan lahan terbuka.

baca juga: Padang Pengecekan Swab Terbanyak Selama Pandemi

"Kami harap dukungan dari masyarakat agar kejadian yang sama tidak terjadi lagi. Sehingga kemungkinan terburuk bisa diminimalisir," imbaunya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani