Tanah Datar Gelar Pilwana 24 Juni, Ini Nagari yang Ikut

Ilustrasi
Ilustrasi (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Sebanyak 21 nagari di Tanah Datar akan menggelar pesta demokrasi Pemilihan Wali Nagari ( Pilwana ) Serentak pada Rabu 24 Juni 2020.

"Kita berharap pelaksanaan Pilwana Serentak 2020 ini dapat berjalan lancar, damai dan sukses sehingga perlu kerja keras, kerjasama dan dukungan semua pihak," ucap Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan KB, Yonasri di Pagaruyung, Rabu 4 Maret 2020.

baca juga: Dua Hari di Tanah Datar, Komunitas VES Chapter Sumbar Gelar Berbagai Kegiatan Sosial

Ia menyebut 21 nagari yang akan melaksanakan Pilwana Serentak adalah Nagari Singgalang, Tambangan, Koto Baru (Kecamatan X Koto), Nagari Gunung Rajo, Batipuh Ateh, Batipuh Baruah, Andaleh, Bungo Tanjung (Kecamatan Batipuh), Nagari Guguak Malalo (Kecamatan Batipuh Selatan), Nagari Padang Magek, Simawang (Kecamatan Rambatan).

Kemudian, Nagari Sungai Jambu (Kecamatan Pariangan), Nagari Koto Tangah, (Kecamatan Tanjung Emas), Nagari Buo (Kecamatan Lintau Buo), Nagari Batu Bulek, Balai Tangah, Tepi Selo (Kecamatan Lintau Buo Utara), Nagari Sungayang (Kecamatan Sungayang), Nagari Sungai Tarab, Simpurut (Kecamatan Sungai Tarab) dan Nagari Lawang Mandahiling (Kecamatan Salimpaung).

baca juga: Wabup Tanah Datar Baronde Bersama Petani di Batu Taba

Yonasri menjelaskan Pilwana Serentak mengacu kepada Perda Nomor 1 tahun 2017 tentang pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian wali nagari, Perbup Nomor 23 tahun 2017 tentang pedoman pelaksanaan pemilihan wali nagari dalam kabupaten Tanah Datar , dan Perbup Nomor 4 tahun 2020 tentang jadwal, waktu dan tahapan pelaksanaan pemilihan wali nagari serentak.

"Diharapkan panitia yang sudah dibentuk, baik di tingkat kabupaten maupun nagari bisa menjalankan semua tahapan berdasarkan aturan yang sudah ditetapkan," tuturnya.

baca juga: Pasien 012 Sembuh, Tanah Datar Zero Kasus Positif COVID-19

Saat ini Pilwana Serentak memasuki tahapan pengumuman dan pendaftaran bakal calon wali nagari, yang dimulai 5 sampai 17 Maret 2020. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Haswandi