Kampus

ITP dan Pemkab Mentawai Jalin Koordinasi Bahas Pengembangan Teknologi Tepat Guna

Rektor ITP usai menerima kedatangan Pemkab Mentawai guna lakukan pembahasan mengenai teknologi tepat guna, Jumat, 06 Februari 2020
Rektor ITP usai menerima kedatangan Pemkab Mentawai guna lakukan pembahasan mengenai teknologi tepat guna, Jumat, 06 Februari 2020 (Ist)

KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mentawai melakukan audiensi dengan Rektor dan jajaran pimpinan Institut Teknologi Padang ( ITP ) lainnya guna membahas rencana kerjasama dalam penerapan teknologi tepat guna di desa dan dusun yang ada di Mentawai pada Jumat, 06 Februari 2020.

Rombongan Pemkab Kepulauan Mentawai yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lahmuddin Siregar, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDP2KB) Mentawai Puji Rahayu, serta Tenaga Ahli Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Doni Kasnaidi. Kedatangan rombongan ini pada kesempatan tersebut menyampaikan potensi yang ada di desa dan dusun di Kepulauan Mentawai sehingga dapat diberdayakan secara maksimal melalui kerjasama teknologi tepat guna dengan ITP .

baca juga: ITP Wajibkan Mahasiswa Vaksin Untuk Wisuda dan Kuliah Luring

Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lahmuddin Siregar mengatakan pihaknya sangat tertarik dengan teknologi tepat guna ITP terkait alat pengolahan air bersih mengingat keadaan di Mentawai yang masih kesulitan dengan air bersih.

"Kami sangat tertarik dengan alat pengolahan air bersih karya ITP yang mungkin bisa kita gunakan di dusun-dusun di Mentawai , karena disana kita masih kesulitan air bersih," ungkap Lahmuddin saat audiensi di Ruang Sidang Utama ITP Gedung D Lantai II, Jumat (6/3/2020).

baca juga: Komitmen Dedieselisasi, Kantor PDAM Tua Pejat Kini Menikmati Listrik PLN

Hal senada juga disampaikan oleh Sekrtetaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDP2KB) Mentawai Puji Rahayu yang memaparkan kondisi kehidupan masyarakat Mentawai . Ia juga menambahkan, bahwa Mentawai memiliki potensi besar dari sektor perikanan.

"Potensi terbesar kita itu ikan. Hanya saja masyarakat Mentawai lebih banyak yang berladang dan kurang terampil dalam pengolahan ikan. Mungkin jika ada teknologi tepat guna yang dapat membuka mindset masyarakat akan lebih baik," ujar Puji.

baca juga: ITP Beri Pelatihan PKM kepada Mahasiswa untuk Asah Kreatifitas dan Keterampilan Mahasiswa

Menanggapi hal tersebut, Rektor ITP Hendri Nofrianto menyambut baik niat kerjasama Pemkab Kepulauan Mentawai tersebut. Hal itu karena ITP juga memiliki program Mitra Nagari sebagai bagian dari bentuk pengabdian kepada masyarakat.

"Dalam program kita, ITP Mitra Nagari, tujuannya memang melakukan kerjasama dengan nagari-nagari atau desa dalam penerapan teknologi tepat guna ITP . Sehingga teknologi yang dihasilkan dapat dimanfaatkan dan berguna bagi masyarakat," kata Rektor.

baca juga: Manajemen PLN Sumbar Turun Langsung Tinjau Kondisi Kelistrikan di Kab. Kepulauan Mentawai

Ia menyampaikan, pihaknya akan coba mendiskusikan dengan Dekan dan dosen lainnya terkait alat apa yang bisa diterapkan masyarakat di Mentawai .

Pada kesempatan itu, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan presentasi alat teknologi tepat guna yang telah diciptakan oleh ITP . Alat-alat itu seperti pengering tenaga tata surya, alat pengolahan air bersih, alat pengasapan ikan, dll.

Dari hasil pertemuan itu, ITP berencana akan melakukan presentasi terkait teknologi tepat guna sekaligus penandatanganan Nota Kesepahaman saat Rakor Pemkab Kepulauan Mentawai pada 16 Maret 2020 mendatang.[Rilis]

Editor: Khadijah