Sekjen Kemenkumham Kunjungi Sumbar, Sampaikan Zona Integritas Untuk Meraih Kepercayaan Masyarakat

Rapat Koordinasi Tranformasi Pengelolaan dan Supervisi Kinerja dengan tema SDM Unggul menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)  dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumbar.
Rapat Koordinasi Tranformasi Pengelolaan dan Supervisi Kinerja dengan tema SDM Unggul menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumbar. (Klikpositif/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM ( Kemenkumham ) RI Bambang Rantam Sariwanto mengunjungi Sumatera Barat , Selasa (10/3/2010).

Kehadirannya dalam rangka membuka Rapat Koordinasi Tranformasi Pengelolaan dan Supervisi Kinerja dengan tema SDM Unggul menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)

baca juga: Kemenkumham Sumbar dan BNN Razia Lapas Pariaman

dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumbar.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto mengatakan, pembangunan zona integritas mesti dilakukan di seluruh satuan kerja yang ada di bawah Kemenkumham , itu bagian dari meraih kepercayaan masyarakat.

baca juga: Ketersediaan Darah Masih Minim, PMI Sumbar Upayakan Kerjasama dengan Semua Pihak

"Pembangunan zona integritas jangan hanya mengejar WBK dan WBBM dari Kemen PAN-RB saja, tetapi harus dilakukan demi meraih kepercayaan masyarakat," katanya di Padang Convention Center (PCC) Hotel Grand Inna Muara Padang.

Bambang menambahkan, pembangunan zona integritas WBK-WBBM juga harus disokong dengan berbagai pembenahan secara internal. Agar, pelayanan yang baik dapat terwujud, dan kinerja bisa ditingkatkan. "Sekaligus menjadikan SDM Unggul menuju WBK-WBBM, seusai dengan tema kita," ujarnya.

baca juga: Geopark Singkarak-Danau Kembar Ditetapkan Sebagai DTWU Terbaik Sumbar

Bambang melanjutkan, poin penting yang harus dilakukan masing-masing personel adalah mengubah pola pikir (mindset). "Apapun itu, mesti dibangun dari pola pikir. Mulai dari tata laksana, akuntabilitas, ataupun pelayanan," tuturnya.

Bambang menyebut, di depan ratusan pegawai yang hadir agar mencapai target kinerja, dan turut berkontribusi bagi pembangunan hukum di daerah-daerah.

baca juga: Sumbar Terpilih Jadi Pameran Virtual Exhibition FIFGROUP FEST, Ini Jadwalnya!

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sumbar Suharman mengatakan, pihaknya berkomitmen dalam mewujudkan zona integritas. Pada Kamis (16/1/2020) lalu, pihaknya telah menandatangi pakta integritas serta mendeklarasikan deklarasi janji kinerja 2020 untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

"Pelayanan maksimal tersebut termasuk memastikan pelayanan yang bebas dari gratifikasi, pungutan liar, suap, serta tindakan melanggar aturan lainnya," pungkasnya.(*)

Editor: Muhammad Haikal