Alami Gejala Seperti Corona Sepulang dari Umrah, Tiga Warga Solsel Dirujuk ke RSUP M Djamil

Kadis Kesehatan Solsel Novirman
Kadis Kesehatan Solsel Novirman (Kaka)

SOLSEL KLIKPOSITIF - Diduga terinfeksi virus Corona , Tiga orang warga Solok Selatan, pada Selasa 9/3 malam dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang.

Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirman, menyebutkan tiga orang tersebut adalah rombongan 26 orang jamaah umrah yang sebelumnya dirumahkan dan diawasi sejak pulang dari Arab Saudi pada 5 Maret 2020 yang lalu.

baca juga: Besok, Tenaga Kesehatan di Padang Mulai Divaksin

Dia menjelaskan saat di rumahkan tersebut tiga orang ini mengalami gejala seperti virus corona, sehingga dirujuk untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Tiga orang warga ini mengalami demam tinggi, batuk serta sesak nafas sehingga dirujuk ke RSUP M Djamil untuk memastikan apakah mereka terinfeksi corona atau tidak," kata Novirman.

baca juga: Hari Ini, 20 Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19, Satu Diantaranya Meninggal

Dia mengatakan, setelah diperiksa di RSUP M.Djamil akan dikirimkan sampel pemeriksaan terhadap tiga orang tersebut ke Jakarta.

"Selambatnya dalam rentang waktu 3x24 jam akan diketahui apakah ketiga orang ini terinfeksi corona atau hanya demam biasa," katanya

baca juga: Pencarian Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Diperpanjang 3 Hari

Novirman menambahkan alasan kepulangan dari luar negerilah yang membuat ketiga orang tersebut harus dirujuk.

"Kalau ada warga yang mengalami gejala yang sama tetapi tidak pulang dari luar negeri maka akan ditangani seperti penanganan demam biasa," katanya

baca juga: Gempa Mamuju dan Majene, BNPB: 8 Korban Jiwa dan Ratusan Luka-Luka

Dia melanjutkan tiga orang yang dirujuk ke M Djamil itu terdiri dari seorang perempuan berusia 79 tahun serta sepasang suami istri berusia 35 tahun dan 30 tahun.

"Ketiga orang ini dirujuk ke RSUP M Djamil pada Selasa (10/3) dan kemungkinan hari ini sudah keluar hasilnya apakah terindikasi corona atau tidak," katanya.

Penulis: Kamisrial | Editor: Eko Fajri