Kejari Tanah Datar Terima Tersangka dan BB Terkait Kasus Rokok Ilegal

Penerimaan barang bukti rokok ilegal di Kejari Tanah Datar
Penerimaan barang bukti rokok ilegal di Kejari Tanah Datar (ist)

TANAH.DATAR, KLIKPOSITIF - Kejaksaan Negeri Tanah Datar menerima Tersangka AW beserta barang bukti terkait kasus rokok ilegal.

"Kita baru menerima tersangka dan barang bukti tahap II berupa rokok yang tidak dilengkapi pita cukai sebanyak 20 karton," ucap Kepala Kejari Tanah Datar Hardijono Sidayat di Pagaruyung Jumat 13 Maret 2020.

baca juga: Seperti Rokok, Ternyata 4 Sayuran yang Sering Dikonsumsi Ini Juga Mengandung Nikotin

Ia menyebut Tersangka AW sebelumnya telah diamankan oleh Dirjen Bea dan Cukai Kantor Wilayah DJBC Sumatera bagian Barat Teluk Bayur Provinsi Sumbar di Kota Padang.

Kasus ini berawal dari Tersangka AW memesan rokok kepada seseorang inisial A dan telah mentransfer uang sebesar Rp42 juta. Selanjutnya, pada Sabtu, 18 Januari 2020 dalam perjalanan ke Lintau tepatnya di tepi jalan raya Jorong Balai Tangah, Nagari Balai Tangah Kecamatan Lintau Buo Utara, diberhentikan oleh anggota Polsek Lintau Buo Utara.

baca juga: Pilkada Pasbar, Koalisi Parpol Pengusung Erick - Syawal Rampungkan Struktur Tim Pemenangan

Setelah dilakukan pemeriksaan pada muatan mobil ditemukan rokok yang tidak dilengkapi pita cukai sebanyak 20 karton.

Sementara itu, Jaksa Edo Dede Pisano menyampaikan Tersangka AW diduga melanggar Pasal 54 atau Pasal 56 UU Nomor 11 tahun 1995 tentang cukai.

baca juga: KPU Pasbar Nilai Imbauan Mematuhi Protap COVID-19 bagi Bacalon Kepala Daerah Tidak Berjalan Baik

"Tersangka AW akan menjalani penahanan untuk 20 hari ke depan di Rutan Klas II B Batusangkar untuk selanjutnya dilakukan penuntutan di Pengadilan Negeri Batusangkar," tutur Edo.

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Ramadhani