UNP Larang Mahasiswa Adakan Kegiatan untuk Waspada Corona

Alat pencuci tangan yang disediakan di meja informasi rektorat UNP
Alat pencuci tangan yang disediakan di meja informasi rektorat UNP (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Universitas Negeri Padang larang mahasiswa mengadakan kegiatan yang mengerahkan massa. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi dan mewaspadai Virus Corona.

Rektor UNP , Ganefri mengatakan pihaknya telah mengeluarkan imbauan yang kepada mahasiswa terkait hal itu. "Kampus mengantisipasi dengan melarang seluruh mahasiwa mengadakan kegiatan yang mengerahkan massa. Untuk wisud sebenarnya kita juga ragu untuk melakukannya, namun ini meenyangkut penghargaan kepada orang tua mahasiwa yang telah menyiapkan ini," katanya usai wisuda ke 118 di Rektorat UNP , Sabtu, 14 Maret 2020.

baca juga: Begini Pola Belajar Online yang Efektif Menurut Pakar

Ia mengatakan untuk mengantisipasi hal itu sebenarnya rektor sudah buat edaran. "Namun dengan perkembangan lebih cepat, termasuk indikasi di Sumbar kita harus siap karena UNP mahasiwanya 40 ribu lebih, jika tak bisa mengantsisipasi dan jika sudah tertular satu maka susah sekali mengatasi penyebarannya," jelasnya.

Ganefri menambahkan bahwa hal itu menjadi kekhawatiran pihak kampus. "Itu yang kita hindari, mumpung belum ada, tentu kita antisipasi dengan menyediakan alat-alat cuci tangan dan masker. Tapi mudah-mudahan sejauh ini belum nampak. Untuk itu, kita juga tugaskan bagian kesehatan memantau jika ada yang dicurigai, misalnya suhu badan yang tinggi dan lainnya. Ini juga harus diantisipasi seluruh masyarakat dunia," paparnya.

baca juga: Empat Strategi Ganefri dalam Bangun UNP Empat Tahun Kedepan

Dari pantauan KLIKPOSITIF di lapangan, pihak kampus telah melakukan imbauan mengatasi dan mewaspadai penyebaran Virus Corona. Alat-alat pencuci tangan juga disediakan di lokasi-lokasi strategis, seperti rektorat, dll.

Selain itu, untuk pelaksanaan kegiatan wisuda juga tidak dilakukan salaman secara langsung namun dilakukan dengan salam meletakkan tangan ke dada dan menunduk sebagai salam hormat. (*)

baca juga: Ganefri Lantik Wakil Rektor di Lingkungan UNP

Editor: Fitria Marlina