Terkendala Jaringan Internet, 5 Sekolah di Agam Belum Bisa Laksanakan UNBK

AGAM , KLIKPOSITIF - Sebanyak 58 dari 64 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Agam , melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) pada 20-23 April 2020 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam , Isra Dt Bandaro menyebutkan, SMP yang melaksanakan UNBK tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya, yang hanya 45 SMP.

baca juga: Kalahkan BMMC, Baso FC Juara Wali Nagari Kapau Cup U-17

"Dari jumlah SMP mengikuti UNBK , ada yang melaksanakan secara mandiri dan juga bergabung dengan sekolah lain seperti SMA dan SMP," terangnya.

Sedangkan siswa yang akan mengikuti UN tahun ajaran 2019/2020 ini sebanyak 4.714 orang tersebar di 16 kecamatan, dengan rincian 4.568 orang mengikuti UNBK dan 146 orang UNKP.

baca juga: API Award 2021, Museum Buya Hamka Terbaik Kedua Situs Sejarah

"Saat ini ada 5 SMP lagi yang belum bisa mengikuti UNBK atau masih UNKP, karena belum tersedianya jaringan internet. Kemudian 1 SMP yang belum ada penamatan," ujarnya.

Pihaknya tetap berupaya bagaimana seluruh SMP yang ada di Kabupaten Agam dapat melaksanakan UNBK .

baca juga: Museum Buya Hamka Masuk Nominasi API 2021

Lebih lanjut, Isra menjelaskan, untuk menghadang UN tahun ini, siswa sudah mulai melaksanakan persiapan seperti bedah soal dan belajar sore. Sekolah juga dianjurkan utnuk memperbanyak program pengayaan siswa, try out dan lainnya.

"Semoga dengan upaya ini siswa dapat lulus dengan nilai memuaskan, serta meningkatkan angka kelulusan di Agam . Tahun lalu di Sumatera Barat, peringkat kelulusan SMP Agam berada 10 besar," jelasnya. (rilis)

baca juga: APBD Agam Tahun 2022 Disepakati Rp1,504 T

Editor: Rezka Delpiera