Komunitas Film Sumbar Ingin Angkat Marwah Film Ranah Minang

Komunitas film Sumbar berkumpul di Padang
Komunitas film Sumbar berkumpul di Padang (Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF - Beberapa komunitas film yang ada di Sumatera Barat berkumpul untuk membangkitkan kembali gairah perfilman di Ranah Minang .

Perkumpulan yang dilakukan itu untuk menyamakan kembali persepsi masyarakat film Sumatera Barat agar menciptakan karya-karya terbaik anak nagari.

baca juga: Dinas Kebudayaan Launching Festival Film Dokumenter Sumatera Barat 2021

"Kami berkumpul untuk menyemarakkan kembali perfilman di Sumatera Barat ini. Saat ini semua komunitas berjalan di relnya masing-masing dan ini sebuah pergerakan pemersatu insan film di Ranah Minang ," ujar seorang filmmaker Sumbar dari Komunitas Sijunjung, Rizqy Vajra.

Insan film lainnya, Findo Pramata Sandi salah seorang dari komunitas film di Kota Padang mengatakan hal yang sama. Ia menginginkan persatuan insan film untuk menggerakkan marwah perfilman Sunatera Barat.

baca juga: Ini Sinopsis Hingga Jadwal Rilis Justice League 2021 Garapan Zack Snyder, Ada Karakter Baru

"Selama ini hasil karya anak nagari sudah sangat baik. Beberapa komunitas film , karyanya sudah tayang di nasional. Tetapi yang terjadi di daerah filmmaker ini belum satu visi dalam membangun film daerah. Makanya saat ini kami berkumpul untuk menyatukan kembali persepsi untuk memajukan ekosistem film di Sumbar ini," katanya.

Ia berharap, insan film di Sumatera Barat bisa saling menyokong untuk membuat nama Ranah Minang menggaung di asional dalam hal perfilman.

baca juga: Titi Kamal Kirim Surat Terbuka pada Presiden

"Mudah-mudahan, dengan begini perfilman Sumatera Barat bisa diperhitungkan di nasional dan bisa menjadi sebuah wadah untuk teman-teman komunitas lainnya untuk saling berbagi," harapnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Rezka Delpiera