Wisma Atlet Jadi RS Darurat Corona, Jokowi Berharap Hal Ini

Petugas menyiapkan peralatan medis yang akan digunakan untuk Rumah Sakit Darurat penanganan COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3).
Petugas menyiapkan peralatan medis yang akan digunakan untuk Rumah Sakit Darurat penanganan COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3). (Suara.com)

KLIKPOSITIF - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (23/3/2020) pagi. Diketahui, tempat yang sebelumnya digunakan untuk atlet di Asian Games 2018 lalu kini dijadikan rumah sakit darurat untuk penanganan virus corona atau Covid-19.

Jokowi meninjau tempat Instalasi Gawat Darurat (IGD) di tower 7 Wisma Atlet dengan didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala BNPB sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Letjen Doni Monardo.

baca juga: Diminta Moeldoko untuk yang Pertama Disuntik Vaksin , Ini Jawaban AA Gym

Jokowi mengklaim, penataan ruang telah ditata dengan managemen yang baik. Dia menyebut, Wisma Atlet memunyai kapasitas untuk 24 ribu orang yang telah disiapkan untuk 3 ribu pasien.

"Perlu saya sampaikan Wisma Atlet ini memiliki kapasitas 24 ribu orang yang saat ini sudah disiapkan untuk 3 ribu pasien dengan wilayah ruang yang telah ditata dengan managemen yang baik," kata Jokowi dalam keterangan yang disiarkan oleh akun Youtube Sekretariat Presiden , Senin (23/3/2020).

baca juga: KPU Akan Datangi Pasien Covid untuk Pilkada, Ahli Sebut Memperburuk Keadaan

Kepala Negara menyampaikan, seluruh sarana dan prasarana Wisma Atlet sebagai rumah sakit darurat untuk penanganan Covid-19 telah siap. Selain itu Jokowi mengklaim ruang penanganan pasien, ventilator, hingga alat pelindung diri (ADP) telah siap.

"Saya juga melihat sarana prasarana telah siap baik untuk ruang penanganan pasien, baik ventilator semuanya sudah siap, ADP juga siap. Sehingga kami harapkan nanti sore RS darurat untuk corona ini telah bisa dipakai," kata dia.

baca juga: Lahir dari Embrio, Molly Jadi Bayi Tertua di Dunia

Meski nanti sore Wisma Atlet disibut sudah siap digunakan sebagai rumah sakit darurat, Jokowi berharap agar tempat tersebut tidak digunakan. Dia meminta agar rumah sakit lain yang telah disiapkan menjadi prioritas.

"Tetapi saya berharap RS darurat corona ini tidak digunakan, artinya RS yang ada yang kami siapkan jauh hari sebelumnya telah bisa melaksanakan penanganan virus corona ini," tutup Jokowi. (*)

baca juga: Selain Lapor Polisi, Ali Ngabalin Juga Laporkan Dua Media

Editor: Eko Fajri