Khawatir Membawa Virus, Gubernur Minta Perantau Tidak Pulang Kampung Dulu

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno akan membuat surat imbauan agar perantau tidak pulang kampung dulu untuk sementara waktu.

Sebab Irwan Prayitno kekhawatiran perantau membawa virus corona dari rantau dan kota menularkan di kampung halaman. Himbauan tersebut berlaku bagi seluruh perantau dimana saja berada.

baca juga: Rakik-rakik Malam Takbiran, Obat Rindu Perantau Salingka Danau Maninjau

Hal itu disampaikannya usai rapat koordinasi percepatan penanganan corona virus disease 2019 (COVID-19) di Auditorium Gubernuran, Senin, 23 Maret 2020.

"Kami akan buat surat imbauan agar perantau tidak pulang dulu ke kampung halaman. Khawatir mereka pulang membawa virus dan menular kepada keluarga mereka sendiri," kata Irwan.

baca juga: Ketahuilah, Ini Lima Titik Lemah yang Bisa Membuat Virus Corona Masuk ke Tubuh

Gubernur meminta untuk sementara perantau tetap di perantauan sampai wabah ini benar-benar benar selesai. Kalau pun terpapar di rantau seperti di Jakarta, penanganan di Jakarta lebih bagus ketimbang Sumbar.

"Maksudnya, mereka harus sayang keluarga di kampung. Kalau seandainya perantau kena di Jakarta, penanganan disana lebih bagus, Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, beda dengan kita yang masih belum lengkap," terangnya.

baca juga: Terjadi Lonjakan Kasus Di Payakumbuh, 25 Orang Dinyatakan Positif COVID-19

Terakhir Irwan menyampaikan, himbauan bagi perantau sebagai upaya pencegahan agar COVID-19 tidak masuk ke Sumbar. "Kasihan keluarga mereka juga," kata Irwan mengakhiri. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir