Pandemi COVID-19, Pemprov Siapkan Rp25 Miliar, Masyarakat Akan Diberikan Bantuan

Gubernur Sumbar Irwan bersama Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Hermanto usai Videoconference dengan Presiden Jokowi
Gubernur Sumbar Irwan bersama Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Hermanto usai Videoconference dengan Presiden Jokowi (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) menyiapkan Rp25 miliar untuk dana pengamanan sosial untuk penanganan COVID-19.

Dana tersebut akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Sebab dengan wabah corona akan berdampak kepada masyarakat

baca juga: Sudah Satu Bulan Lebih Pessel Tanpa Kasus Baru COVID-19

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan, penyediaan dana tersebut sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

"Kami baru saja videoconference mendengarkan arahan dari pak Presiden. Beliau minta disiapkan anggaran untuk bantuan untuk masyarakat," ujarnya, Selasa, 24 Maret 2020.

baca juga: Diisolasi Hampir Dua Bulan, Seorang Nenek di Solsel Dinyatakan Sembuh dari COVID-19

Dijelaskan Irwan, anggaran tersebut akan diambil dari anggaran lain yang tidak terlalu urgen seperti perjalanan dinas dan kegiatan yang tak penting lainnya.

"Total keseluruhan akan dihitung kembali, juga berapa besaran yang akan diterima masyarakat," terangnya.

baca juga: Kabar Baik, Pasien COVID-19 Terlama di RSAM Sembuh

Gubernur menyebutkan, wabah corona membuat ekonomi masyarakat lumpuh dan akan banyak orang miskin baru. Sehingga mereka perlu diberikan dukungan.

"UMKM dan masyarakat miskin akan menjadi fokus kita. Jumlahnya akan dihitung Dinsos, Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM serta lembaga terkait," sebutnya.

baca juga: Pasien Positif COVID-19 Asal Bukittinggi Bertambah Lagi

Kemudian, Gubernur juga meminta Bupati dan Walikota menyiapkan anggaran yang sama. "Saya minta bupati dan walikota menyiapkan anggaran ini," tukasnya.

Saat videoconference, Gubernur didampingi Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Hermanto, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, dan Sekdaprov Sumbar Drs. Alwis. (*)

[Hms-Sumbar]

Editor: Joni Abdul Kasir