Kanada dan Australia Ancam Tak Ikut Olimpiade, Indonesia Bakal Ikut IOC

Olimpiade Tokyo
Olimpiade Tokyo (net)

KLIKPOSITIF - Kanada dan Australia mengancam tak akan mengirim kontingen ke Tokyo apabila Olimpiade 2020 tetap berlangsung sesuai jadwal yakni 24 Juli hingga 9 Agustus mendatang.

Dua negara tersebut tak setuju Olimpiade 2020 digelar saat wabah virus Corona masih mengancam dan mengintai masyarakat dunia.

baca juga: Hari Ini Agam Ditetapkan Jadi Zona Merah COVID-19

Sementara Indonesia menyatakan akan mengikuti keputusan IOC. "NOC Indonesia akan sejalan dengan keputusan IOC yang sudah pasti memahami tentang keselamatan atlet Olimpiade," kata Presiden National Olympic Committee (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari dalam keterangan tertulis yang diterima Selasa (24/3/2020).

"Prinsipnya, NOC Indonesia akan mendukung apakah Olimpiade Tokyo dilaksanakan sesuai jadwal atau ada penundaan yang ditetapkan IOC," tambahnya.

baca juga: Agam Tambah 11 Kasus Positif COVID-19, Terendah dalam Sepekan Terakhir

Okto menjelaskan bahwa Indonesia memiliki kepentingan dalam keberlangsungan Olimpiade 2020 yakni untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang. Karena itu, demi menjaga hubungan baik dengan IOC maupun Komite Olimpiade Jepang (JOC), Indonesia sebisa mungkin akan memberi dukungan kepada pihak-pihak terkait.

"Kita punya kepentingan lebih besar yakni ingin menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Jadi, kita harus mendukung apa pun keputusan yang diambil IOC," ujarnya.

baca juga: Hari Ini, Ada Penambahan Empat Kasus Positif COVID-19 di Pasaman Barat

Editor: Ramadhani