Pulang dari Luar Negeri, Warga Lima Puluh Kota Langsung Didatangi Tim Medis

Suasana saat Tim Medis bersama Wakil Bupati dan Ketua DPRD Lima Puluh Kota mendatangi rumah salah seorang warga yang pulang dari Malaysia
Suasana saat Tim Medis bersama Wakil Bupati dan Ketua DPRD Lima Puluh Kota mendatangi rumah salah seorang warga yang pulang dari Malaysia (Ade Suhendra)
LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF -

Salah seorang warga Lima Puluh Kota didatangi tim medis pasca kembali dari luar negeri. Selain Tim Medis, juga hadir Wakil Bupati Ferizal Ridwan dan Ketua DPRD Deni Asra, Selasa 24 Maret 2020.

Warga yang diketahui berumur 36 tahun ini dikabarkan baru saja kembali dari Malaysia. Wakil Bupati Ferizal Ridwan yang hadir bersama tim medis, Basarnas BPBD dan camat ini pun langsung memeriksa kondisi warga berjenis kelamin laki-laki ini.

baca juga: Corona Kembali Meningkat, Kemenag Terbitkan Edaran Pembatasan Kegiatan Rumah Ibadah

"Sebagai upaya tanggap penanganan Covid-19 maka kita lakukan pemantauan bersama dengan tim medis. Sebab yang bersangkutan baru saja kembali dari luar negeri atau daerah Pandemi dan telah berada di kampung sejak 3 hari terakhir," kata Ferizal Ridwan.

Saat tim sampai di rumah yang bersangkutan, tim medis termasuk perangkat nagari langsung melakukan pengecekan. Ferizal menjelaskan dirinya bersyukur bahwa saat pengecekan kondisinya tidak menunjukkan gejala Covid-19.

baca juga: Perlancar Vaksinasi Gotong Royong, Pemerintah Tambahan Satu Juta Dosis Vaksin Sinopharm

"Meskipun setelah di cek tim medis, kondisi tubuh normal dan sehat, yang bersangkutan masuk dalam pengawasan," kata Wakil Bupati yang akrab disapa Buya Feri ini.

Sementara itu, Ketua DPRD Deni Asra yang hadir dalam kesempatan tersebut meminta kepada pria yang sebelumnya TKI di Malaysia tersebut untuk melakukan isolasi secara mandiri di rumah. Ia berharap pihak keluarga juga memberikan kesempatan agar yang bersangkutan dapat sendiri terlebih dahulu.

baca juga: Tinjau Vaksinasi Massal di Komplek GBK, Jokowi: Target Seminggu Ini 100 ribu Orang

"Pihak keluarga juga tidak mendekat terlebih dahulu. Jaga jarak dan lakukan isolasi mandiri karena ini sangat penting dilakukan sesuai dengan ketentuan isolasi mandiri yang dilakukan kebanyakan orang yang masuk dalam status pengawasan," kata Deni Asra.

Ia menambahkan untuk kondisi terkini di Lima Puluh Kota belum ada ditemukan warga Limapuluh Kota yang terpapar virus Covid-19 tersebut. Namun ia tetap mengingatkan dan berharap masyarakat meningkatkan kewaspadaannya serta menerapkan pola hidup bersih.

baca juga: Kakan Kemenag Lima Puluh Kota: Berilmu Dulu, Nikah Kemudian

"Saat ini ada penurunan Orang Dalam Pengawasan (ODP) dimana sebelumnya berjumlah 54 orang dan hari ini menjadi 39 orang. Mari cuci tangan, saling jaga jarak dan hindari keramaian. Apabila tidak penting tidak usah keluar rumah dan kita harus saling menjaga sehingga penyebaran Corona cepat teratasi," ujar politisi Partai Gerindra tersebut.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Rezka Delpiera