Banyaknya Perantau yang Pulang Kampung, Ini Imbauan Camat Akabiluru

Camat Akabiluru Khris La Deva saat menerima kunjungan Bupati Irfendi Arbi beberapa waktu lalu.
Camat Akabiluru Khris La Deva saat menerima kunjungan Bupati Irfendi Arbi beberapa waktu lalu. (Ade Suhendra)
LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF -

Menanggapi imbauan Pemerintah Provinsi Sumbar dengan nomor lampiran 050/078/BKPRD/II-2020 perihal Imbauan Kepada Perantau Minangkabau, Camat Akabiluru Khris Ladeva di Lima Puluh Kota juga tegaskan beberapa hal kepada warganya. Salah satunya adalah dengan berdiam diri atau melakukan isolasi mandiri dan tidak keluar rumah.

Khris menjelaskan bagi perantau yang pulang dari daerah mana pun ke Kecamatan Akabiluru untuk tidak berkeliaran. Menurutnya bagi yang tidak merasakan ada gejala seperti batuk, tenggorokan sakit, dan demam tinggi agar tetap berdiam diri di rumahnya selama 14 hari.

baca juga: Corona Kembali Meningkat, Kemenag Terbitkan Edaran Pembatasan Kegiatan Rumah Ibadah

"Bagi yang merasakan adanya gejala seperti batuk, tenggorokan sakit, dan demam tinggi agar tidak datang ke puskesmas. Tapi segera hubungi Call Center Covid-19 yang telah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota melalui puskesmas yang ada di kecamatan," kata Krish, Rabu 25 Maret 2020.

Ia menambahkan untuk di Kecamatan Akabiluru, warga bisa menghubungi Puskesmas Piladang di nomor dan Puskesmas Batu Hampar di nomor atau . Warga dimintanya untuk tidak keluar rumah dan menunggu kedatangan Tim Medis yang akan memeriksakan kondisi tubuh saat merasakan gejala seperti Covid-19.

baca juga: Perlancar Vaksinasi Gotong Royong, Pemerintah Tambahan Satu Juta Dosis Vaksin Sinopharm

"Tujuannya adalah agar nantinya tidak berdampak kepada warga lain. Kemudian agar Pandemi Covid-19 ini tidak menyebar cepat maka diharapkan warga menjaga kesehatannya melalui Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) selama 20 detik dan selalu makan makanan yang bergizi, buah, serta sayuran untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus," ujarnya Camat Akabiluru yang pernah menjabat di BPBD Lima Puluh Kota tersebut.

Lebih lanjut, Krish juga mengimbau kepada warga Lima Puluh Kota , khususnya di Kecamatan Akabiluru untuk tidak mengadakan atau menghindari kegiatan yang menyebabkan keramaian demi mengurangi resiko penyebaran Covid-19 tersebut. Kemudian kalau memperoleh informasi maka harus dipastikan kebenarannya sebelum disebar karena dikatakannya jangan sampai warga menyebarkan berita bohong atau hoaks.

baca juga: Tinjau Vaksinasi Massal di Komplek GBK, Jokowi: Target Seminggu Ini 100 ribu Orang

"Saat ini ada puluhan ODP di Kecamatan Akabiluru. Bagi masyarakat yang mengetahui adanya kepulangan perantau ke Kampung halaman maka segera laporkan kepada Kepala Jorong atau Wali Nagari setempat untuk dilakukan pendataan," kata Krish yang juga peduli terhadap Futsal di Lima Puluh Kota ini.

Kepada KLIKPOSITIF ia juga menyampaikan pesan kepada warga Limapuluh Kota untuk langsung mencuci pakaian yang dipakai pada hari tersebut saat sampai di rumah. Menurutnya jangan sampai pakaian tersebut tergantung setelah dipakai seharian karena virus bisa saja menempel di pakaian tersebut.

baca juga: Kakan Kemenag Lima Puluh Kota: Berilmu Dulu, Nikah Kemudian

"Semoga Pandemi Covid-19 ini segera berlalu dan kita semua selalu berada di dalam lindungan Allah SWT. Aamiin yaa Rabb," kata Camat Akabiluru.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi