Peziarah Ibunda Jokowi Harus Steril, Ada Bilik Disinfektan di TPU Mundu

Bilik disinfektan disiapkan untuk para peziarah yang akan mengikuti prosesi pemakaman ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sujiatmi Notomiharjo, di TPU Mundu, Karanganyar, Kamis (26/3/2020).
Bilik disinfektan disiapkan untuk para peziarah yang akan mengikuti prosesi pemakaman ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sujiatmi Notomiharjo, di TPU Mundu, Karanganyar, Kamis (26/3/2020). (Suara.com)

KLIKPOSITIF - Pemakaman ibunda Presiden Joko Widodo ( Jokowi ), Sudjiatmi Notomihardjo, akan dilangsungkan di Tempat Pamakaman (TPU) Mundu, Kelurahan Selokaton, Kecamatan Gendangrejo, Kabupaten Karanganyar, Kamis (26/3/2020) siang. Sejumlah pengamanan dipersiapkan, termasuk kebersihan lingkungan dan peziarah yang datang.

Personel Paspampres memberlakukan pemeriksaan kesehatan seperti cek suhu tubuh. Selain itu, peziarah yang datang harus masuk ke bilik disinfektan untuk memastikan bebas dari virus corona penyebab COVID-19.

baca juga: UMKM Menjerit, Airlangga Beberkan Langkah Penyelamatan Imbas Corona

Pantauan pukul 12.00 WIB, lokasi pemakaman sudah dijaga ketat oleh petugas kepolisian dan juga Paspampres. Orang-orang yang masuk ke lingkungan TPU mendapat pemeriksaan ketat untuk dipastikan sehat.

Sejumlah pejabat, seperti Bupati Karanganyar Juliyatmono, ikut hadir di tengah persiapan pemakaman. Dirinya mengucap belasungkawa atas kabar duka dari keluarga besar Jokowi tersebut.

baca juga: Dicokok di Rumah, Jaksa Pinangki Dijebloskan ke Rutan Salemba

"Kami ikut berbelasungkawa atas kabar duka ini. Beliau [Sudjiatmi Notomihardjo] memang menjadi sosok yang tak begitu mencolok, tetapi memberikan nilai yang patut ditiru oleh orang banyak, terutama ibu-ibu. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Tuhan Yang Maha kuasa," kata Juliyatmono.

Sudjiatmi Notomihardjo rencananya dimakamkan di sebuah bangunan khusus yang telah disiapkan. Bangunan bercat cokelat tersebut telah disterilkan dan dijaga aparat.

baca juga: Lolos Saat Penangkapan Pengedar Sabu, TM Kini Jadi Buronan Polisi Pariaman

Hingga kini jenazah masih berada di rumah duka Sumber, Banjarsari, Solo. Sebelum ke makam, jenazah disalatkan dahulu di Masjid Baiturrahman, Sumber. Imam yang bertugas adalah H Abdul Latif. Rencananya, jenazah diberangkatkan ke pemakaman pukul 13.00 WIB.

Sumber: Suara.com

baca juga: Jaksa Pinangki Jadi Tersangka Kasus Djoko Tjandra

Editor: Eko Fajri