Ini Lokasi yang Disiapkan Pemkab Pessel Untuk Ruang Isolasi Warga yang Terpapar COVID-19

Sekdakab Pessel, Erizon saat meninjau kesiapan mes Gor Ilyas Yakub Painan jadi tempat isolasi orang terpapar dugaaan COVID-19
Sekdakab Pessel, Erizon saat meninjau kesiapan mes Gor Ilyas Yakub Painan jadi tempat isolasi orang terpapar dugaaan COVID-19 (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyiapkan mes altet Gor Ilyas Yakub, Painan menjadi ruang isolasi untuk warga yang terpapar notifikasi COVID-19, di daerah itu.

Sekdakab Pesisir Selatan, Erizon mengatakan, adanya pemilihan tempat Mes Gor Ilyas Yakbu Painan menjadi tempat isolasi, karena gedungnya yang jauh dari pusat keramaian. Selain, sarana ruangnya juga memiliki kapasitas yang memadai.

baca juga: Stok Darah Semakin Berkurang, PMI Padang Imbau Masyarakat Tidak Takut Donor

"Sebagai antisipasi penanganan orang notifikasi COVID-19 yang kontak langsung dengan pasien. Karena sebagai antisipasi kita siapkan jadi ruang isolasi," ungkapnya saat menijau Mes Gor Ilyas Yakub Painan, Kamis 26 Maret 2020.

Ia menjelaskan, ketersedian Mes Gor Ilyas Yakup Painan sebagai ruang isolasi, bisa menampung 60 orang. Diantaranya, akan dibagi 30 orang laki-laki dengan satu ruangan dan perempuan.

baca juga: DPRD Pasbar Pertanyakan Penyusutan Area TPA yang Tinggal 2 Hektare

"Dan alhamdulillah hari ini akan segera disiapkan, dan akan disemprot," ungkapnya.

Berdasarkan data Rabu 25 Maret 2020 pukul 10.30 WIB, Bagian Humas dan Protokoler Pesisir Selatan, data Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sudah mencapai 3 orang, dari sebelumnya 1 orang.

baca juga: WHO Anjurkan Ibu Positif Covid-19 Tetap Menyusui Anak, Ini Alasannya

Begitu juga Orang Dalam Pemantauan (ODP) hari kemarin 6 orang, bertambah menjadi 11 orang. Serta orang dengan status notifikasi sebelumnya 130 orang, kini menjadi 147 orang.

Sementara sejauh ini, sebagai langkah preventif Pemkab Pessel sudah melakukan tindakan. Selain, mengalihkan proses belajar siswa di rumah, Pemkab juga telah mendirikan posko siaga COVID-19, bahkan juga telah menginstruksikan nagari untuk juga menyiapkan posko yang sama sebagai percepatan penanganan COVID-19.

baca juga: Ingin Jadi Polisi, Pemain Muda Bali United Ini Pilih 'Pensiun'

Catatan Redaksi : Bagi anda warga Kabupaten Pesisir Selatan yang merasakan gejala demam tinggi, batuk, nyeri tenggorokan dan sesak nafas, hubungi Call Center COVID-19 Kabupaten Pesisir Selatan, di nomor 081266356199.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri