Warga Painan Selatan Tolak Pemkab Jadikan Rusunawa Jadi Lokasi Isolasi Pasien COVID-19

Suasana aksi penolakan warga terhadap inisiatif Pemkab jadikan Rusunawa jadi tempat isolasi
Suasana aksi penolakan warga terhadap inisiatif Pemkab jadikan Rusunawa jadi tempat isolasi (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Warga di Kampung Muaro, Nagari Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat rumah susun sewa (Rusunawa) yang ada di kampung setempat jadi isolasi pasien yang terjangkit COVID-19, Jumat 27 Maret 2020.

Pantauan KLIKPOSITIF , sekitar pukul 10.30 WIB, sejumlah warga mendatangi rusunawa dan berteriak, Pemkab untuk tidak menjadikan rusunawa menjadi lokasi isolasi. Sebab, mereka beralasan, rusunawa tersebut di tengah keramaian.

baca juga: Sudah Satu Bulan Lebih Pessel Tanpa Kasus Baru COVID-19

"Kami tidak menerima rusunawa dijadikan tempat isolasi. Karena ini di sini permukiman orang banyak," ungkap Syarial (55) yang ditemui KLIKPOSITIF , sela penolakan.

Ia menjelaskan, selain adanya kecemasan warga terhadap tempat tersebut dijadikan isolasi, sejauh ini Pemda belum melakukan sosialisasi kepada warga.

baca juga: 5 Juli Warga Positif COVID-19 Sumbar Capai 775 orang, Jubir: 80,6 Persen Sudah Sembuh

"Apalagi ini menyangkut wabah, kita sangat khawatir. Sebab, belum ada jaminan permukiman akan aman," terangnya.

Bahkan di tengah aksi, sebagian warga ada yang menanyakan mengapa Pemkab tidak menempati isolasi di rumah sakit yang di bangun.

baca juga: Proses Verifikasi Faktual Pilkada di Pessel Berjalan Lancar

Hingga pukul 11.00 WIB, aksi penolakan warga masih berlangsung. Sejumlah pejabat Pemkab sudah mulai berdatangan, dan berupaya memediasi warga. Namun, mediasi membuat suasana memanas.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Joni Abdul Kasir