Kepala BKKBN Sumbar Lantik Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas

Kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah pada pejabat di lingkungan BKKBN Sumbar
Kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah pada pejabat di lingkungan BKKBN Sumbar (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Nasional ( BKKBN ) Perwakilan Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) Etna Estelita melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pada pejabat administrator dan pejabat pengawas di Padang pada Kamis, 26 Maret 2020. Pejabat yang dilantik Drs. Asrul Effendi, S.Sos, MM yakni sebagai Kepala Bidang Latbang dan Hasmy Raharini, S. ST sebagai Kepala Subbidang Jalur Kesertaan KB Khusus (Jalsus).

"Kita mengadakan pelantikan hari ini karena jikalau ditunda nanti SK-nya akan batal. Waktu pelantikan tidak boleh melewati batas ketentuan dari pemberlakuan SK semenjak keluar," ujar Etna saat diwawancarai usai kegiatan pelantikan.

baca juga: Peduli Generasi Muda, Fadly Amran dan Dian Puspita Raih ABG Award 2020

Ia menjelaskan, dalam pelantikan tersebut, BKKBN Sumbar tetap menerapkan imbauan dari WHO yakni melakukan Physical Distancing di tengah wabah corona yang telah masuk ke Indonesia ini. Oleh karena itu, pada pelantikan tidak dilakukan salaman pada pejabat yang telah dilantik.

Dari pantauan KLIKPOSITIF , seluruh peserta yang hadir pada kegiatan itu juga menerapkan imbauan untuk membatasi jarak satu sama lain. Pada pelantikan itu, Etna mengharapkan agar pejabat yang dilantik dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

baca juga: Wawako Solok Terima Anugerah Ayah GenRe Sumbar 2020

"Sebenarnya jabatan dari Pejabat yang dilantik hari ini telah lama kosong, sehingga ada program yang jadinya tidak berjalan dengan optimal karena Plt. yang menggantikan juga memiliki kesibukan definitifnya yang lebih prioritas. Oleh akrena itu, saya berharap agar pejabat yang baru dapat mengemban amanah dengan baik dan memberikan kontribusi yang besar dalam keberhasilan program BKKBN di Dumbar kedepannya," Katanya.

Selain itu ia mengharapkan, pejabat Latbang yang dilantik dapat menjaga akreditasi yang telah dicapai oleh instansi tersebut dan berusaha untuk meningkatkannya ke level yang lebih tinggi. Karena saat ini akreditasi Latbang BKKBN adalah B, maka diharapkan kedepannya dapat menjadi A.

baca juga: Kunker ke 50 Kota, BKKBN Sumbar Kenalkan Rebranding Bangga Kencana dan GDPK

Harganas 2020 Menunggu Situasi Terbaru

Dalam kesempatan itu, Etna juga menyampaikan tentang persiapan pelaksanaan Harganas dan HAN 2020 di Sumbar yang rencananya akan dilaksanakan pada Juli 2020.

baca juga: Masyarakat Sumbar Selalulah Pakai KB Selama Pandemi COVID-19!

"Untuk Harganas, BKKBN tetap melakukan berbagai perkembangan terbarunya pada Gubernur Sumbar. Namun sejauh ini, belum ada pembahasan mengenai pembatalan Harganas 2020 di Sumbar karena kita masih melihat situasi terbaru, mungkin hanya ditunda saja hingga kondisinya memungkinkan," Ujarnya.

Dijelaskannya, sejauh ini persiapan Harganas Sumbar telah mencapai sekitar 70-75 persen. Namun untuk berjaga-jaga di tengah situasi pandemi saat ini, Gubernur Sumbar meminta untuk tidak dikirim duku undangan pada tamu dan peserta yang akan menghadiri kegiatan tersebut.

Ia mengharapkan agar situasi karena COVID-19 segera membaik. Sehingga Harganas dan program BKKBN lainnya dapat dijalankan dan dilaksanakan.(*)

Editor: Khadijah