Payakumbuh Terima 200 APD Dari Pemprov Sumbar

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Bakhrizal.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Bakhrizal. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh telah menerima sebanyak 200 Alat Pelindung Diri (APD) yang didistribusikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar ke sejumlah kabapten kota di Tuah Sakato.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh , Bakhrizal menyebut, 200 APD tersebut akan didistribusikan ke RSUD Adnaan WD Payakumbuh dan ke beberapa Puskesmas di daerah tersebut.

baca juga: Kemenkes Harap Masyarakat yang Positif Covid-19 Tidak Langsung Minta Dirawat di Rumah Sakit, Jika...

"Untuk rumah sakit (RSUD Adnaan WD) ada 100 APD yang kita alokasikan. Sedangkan sisanya, akan dibagikan ke delapan Puskesmas yang ada di Payakumbuh ," terangnya, Senin (30/3).

Lebih lanjut, APD yang diterima tersebut akan langsung digunakan para petugas medis dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 di daerah tersebut.

baca juga: Sebut Sinovac Adalah Vaksin Berisi Virus Mati, Jubir : Tidak Mungkin Menyebabkan Terinfeksi Covid-19

Meski begitu, Bakhrizal menjelaskan, bahwa 200 APD yang diterima tersebut belumlah mencukupi untuk kebutuhan daerahnya. Karena itu, pihaknya terus berupaya melakukan penambahan APD.

"APD dari anggaran pemko sendiri terus kita usahakan pengadaannya. Kita sudah pesan, semoga saja minggu depan bisa kita terima, kalau bisa kita beli kebutuhan yang ada ini berdasarkan kebutuhan di lapangan sesuai perkembangan kasus, dan dalam penanganan Covid-19 ini kita tidak boleh tanggung-tanggung dan main-main," terangnya.

baca juga: Beli Sabu Dipinggir Jalan, Petani di Lima Puluh Kota Diciduk Polisi

Bakhrizal menyebut,saat ini seluruh daerah di Indonesia sedang membutuhkan APD dan yang menjadi masalah adalah ketersediaan pabrikan.

"Kita intai terus itu, agar tidak keduluan mendapatkannya, untuk kegiatan pencegahan Covid-19 ini kita telah disupport penuh oleh anggota DPRD dan kebutuhan kita juga sudah disampaikan kepada Pimpinan Daerah Wali Kota Riza Falepi, jadi seluruhnya mendukung APD ini menjadi prioritas kita untuk dibeli," kata Bakhrizal. (*)

baca juga: Viral Pembagian Nasi Kotak dari Presiden, Beragam Komen Netizen Bermunculan

Editor: Taufik Hidayat