Wagub Sumbar: Perantau Terlanjur Pulang Kampung Harus Isolasi Mandiri 14 Hari

Wagub Sumbar Nasrul Abit mencek suhu tubuh orang masuk ke Sumbar di perbatasan
Wagub Sumbar Nasrul Abit mencek suhu tubuh orang masuk ke Sumbar di perbatasan (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Walaupun sudah ada imbauan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) kepada perantau untuk menunda semester pulang kampung, namun masih ada yang nekad pulang ditengah penyebaran COVID-19.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menegaskan, bagi perantau yang telah terlanjur pulang untuk melakukan isolasi diri secara mandiri di rumah selama 14 hari. Kemudian selalu memakai masker selama 14 hari tersebut.

baca juga: Rakik-rakik Malam Takbiran, Obat Rindu Perantau Salingka Danau Maninjau

"Bagi perantau yang telah terlanjur pulang, kami anjurkan untuk isolasi mandiri.Jangan sampai di kampung jalan kemana - mana, hal ini dilakukan agar virus tidak menyebar," ujarnya, Selasa, 1 April 2020.

Dijelaskan Nasrul Abit , perantau yang pulang telah terdata di posko pemeriksaan perbatasan. Mereka diperiksa suhu tubuh dan diharuskan mengisi pernyataan bersedia isolasi diri.

baca juga: Doni Monardo Minta Perantau Tidak Pulang Kampung, Silaturahim Lebaran Virtual Saja

"Di perbatasan kita telah sediakan surat peryataan isolasi lengkap dengan biodata mereka. Nanti sampai di kampung mereka akan diawasi oleh pemerintah kabupaten, kecamatan dan nagari. Untuk itu kami minta sinergi daerah dengan gugus tugas agar data bisa nyambung. Sehingga tidak ada lagi kepala daerah yang tidak tahu warganya positif," ujarnya.

Menurut Nasrul Abit , saat ini diperbatasan dilakukan penyemprotan disinfektan kepada mereka yang pulang kampung. Kedepan mereka diwajibkan memaksimalkan masker selama diperjalanan.

baca juga: Dilantik Nasrul Abit, Zul Elfian Pimpin Mabi Kwarcab Pramuka Kota Solok

"Ini prosedur yang harus mereka lalui, kita tidak ingin penyebaran COVID-19 ini terus berlanjut. Mari kita putus mata rantai virus ini," pintanya.

Nasrul Abit kembali menghimbau para perantau menahan diri untuk pulang kampung.

baca juga: Wagub Sumbar Ajak Perantau Tanah Abang Lirik Bank Nagari

"Mari kita sama-sama menjaga, kami tidak akan larang dunsanak di rantau untuk pulang kalau kondisinya tidak begini. Inikan saat wabah maka kami imbau untuk tidak pulang kampung," tukasnya

Editor: Joni Abdul Kasir