Tangkap Pencuri, Tim Gagak Hitam Juga Dapati Tersangka Narkoba

Tersangka FAS (33 tahun) saat dibekuk Tim Gagak Hitam Polres Payakumbuh.
Tersangka FAS (33 tahun) saat dibekuk Tim Gagak Hitam Polres Payakumbuh. (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -Tim Gagak Hitam Polres Payakumbuh amankan dua tersangka narkoba dan pencurian . Penangkapan ini disampaikan oleh Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, Rabu 1 April 2020.

Kapolres Payakumbuh didampingi Kasat Resnarkoba Iptu Desneri didampingi KBO Ipda JH. Sinaga mengatakan penangkapan dilakukan pada Senin 30 Maret 2020 lalu. Ia menjelaskan bahwa salah seorang tersangka berinisial FAS (33 tahun) sebetulnya bukanlah target dari tim gabungan Satres Narkoba dan Satreskrim Polres Payakumbuh .

baca juga: Iyut Bing Slamet Menangis Saat Ditangkap, Polisi : Dampak Setelah Diamankan Seperti Itu

"Tersangka FAS ini kita tangkap karena saat Sat Reskrim Polres Payakumbuh melakukan penggeledahan di salah satu rumah milik tersangka WH (30 tahun) di daerah Koto Nan Gadang. Namun saat penggeledahan pihak kepolisian menemukan alat isap sabu dan langsung koordinasi dengan Satres Narkoba untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut," kata AKBP Dony Setiawan.

Ia menjelaskan bahwa WH merupakan tersangka pencurian barang elektronik seperti telepon genggam dan laptop di sejumlah titik di wilayah hukum Polsek Payakumbuh. Namun barang curiannya tersebut ditukarkan dengan narkoba jenis sabu dengan temannya yang berada di daerah Parit Rantang, Kecamatan Payakumbuh Barat.

baca juga: Simpan 8 Paket Sabu di Lemari, Seorang Pemuda Dibekuk Polres Tanah Datar

"Setelah mendapat informasi, Satres Narkoba langsung menuju salah satu rumah yang diduga tempat WH bertransaksi menukarkan barang curiannya dengan sabu. Tapi saat petugas kepolisian berada di lokasi, penghuni rumah yang hendak digeledah melarikan diri dan langsung dikejar oleh Tim Gagak Hitam Polres Payakumbuh ," ujarnya.

Secara terpisah, Kasat Resnarkoba Iptu Desneri bersama Kanit 1 Aiptu Supriyadi 'Ed' Dahlan dan Dantim Satresnarkoba Aipda JM. Pasaribu menambahkan saat terjadi pengejaran terhadap pemilik rumah, Tim Gagak Hitam kehilangan pelaku. Akan tetapi, FAS yang melihat polisi tengah berlari, juga langsung mencoba kabur menghindari pihak kepolisian.

baca juga: Selebgram Millen Cyrus Ditangkap Polisi Karena Kasus Narkoba, Pernah Ikuti Kontes Kecantikan Transgender

"Di sinilah kami berhasil menangkap FAS yang sebetulnya bukan menjadi target Tim Gagak Hitam. Ia kami bekuk tanpa disengaja saat pengembangan kasus pencurian telepon genggam di wilayah hukum Polsek Payakumbuh. Penangkapan dilakukan karena tersangka FAS ini mencoba kabur saat melihat kami yang tengah mengejar tersangka lain," kata Iptu Desneri.

Meskipun sempat melawan, Tim Gagak Hitam Polres Payakumbuh berhasil membekuk FAS dan menemukan narkoba jenis ganja kering dibungkus plastik yang disimpan tersangka dalam saku celana. Kemudian polisi juga menemukan narkoba jenis ganja kering siap edar sekitar 500 gram.

baca juga: Sempat Curi Laptop di Musala, Polisi Dibantu Warga Ringkus Seorang Pria

"Hingga kini tersangka masih ditahan di Mapolres Payakumbuh yang berada di Kawasan Labuah Basilang untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Nanti untuk hasilnya nanti akan kami kabarkan kepada rekan-rekan media," ujarnya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Rezka Delpiera