Istano Basa Pagaruyung Masih Ditutup Hingga 16 April

Istano Basa Pagaruyung masih ditutup dari kunjungan wisatawan sampai 16 April 2020
Istano Basa Pagaruyung masih ditutup dari kunjungan wisatawan sampai 16 April 2020 (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Tanah Datar memperpanjang masa penutupan objek wisata Istano Basa Pagaruyung hingga 16 April 2020.

Perpanjangan penutupan ini dilakukan Pemkab Tanah Datar sebagai upaya antisipasi penyebaran wabah COVID-19. Sebelumnya Istano Basa Pagaruyung ditutup hingga 21 Maret - 2 April 2020, namun karena wabah berlanjut, masa penutupan itu diperpanjang.

baca juga: Terpapar Corona, 607 Warga Tanah Datar Diisolasi Mandiri, 96 Orang Dirawat di Rumah Sakit

"Melihat perkembangan penularan COVID-19 saat ini, kita memperluas waktu penutupan objek wisata Istano Basa Pagaruyung, baik untuk wisatawan domistik maupun mancanegara," kata Kepala Disparpora Tanah Datar Abdul Hakim di Batusangkar, Jumat 3 April 2020.

Ia menyebut, selain Istano Basa Pagaruyung, objek wisata yang dikelola oleh pemerintahan nagari atau pribadi juga ditutup sementara dari kunjungan wisatawan.

baca juga: Hari Ini 5 Pasien COVID-19 di Tanah Datar Meninggal Dunia, Positif 59 Orang

Hakim mengimbau warga Tanah Datar untuk mengurangi aktivitas di tempat-tempat wisata yang ada di daerah ini.

Ia mendukung pengelola objek wisata dan mendukung wisata mendukung kebijakan sementara sementara ini guna mencegah penyebaran COVID-19.

baca juga: 65 BUMNag di Tanah Datar Sudah Punya Modal Usaha, Pemda Sarankan Lirik Usaha Pertashop

Sementara itu, Kabid Pariwisata Disparpora Tanah Datar Efrison menyebut, ada sekitar 150 destinasi wisata yang tersebar di 14 Kecamatan Kabupaten Tanah Datar .

Ia menyebut selain Istano Basa Pagaruyung dan Puncak Pato, objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan di Tanah Datar adalah Desa Terindah di dunia Nagari Tuo Pariangan, Danau Singkarak, Lembah Anai, Kincia Kamba Tigo, Panorama Tabek Patah, Batu Angkek-Angkek dan banyak lagi. (*)

baca juga: Hari Ini 70 Orang Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Satu Pasien Meninggal Dunia

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Haswandi