Update COVID-19 4 April di Sumbar, Tidak Ada Penambahan Positif, ODP Bertambah Jadi 2.378, PDP 73

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan, hari ini tidak ada penambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19.

"Hari ini tidak ada penambahan, masih tetap 14 yang positif, mudah-mudahan tidak ada lagi yang bertambah," kata Nasrul dalam jumpa pers online yang digagas oleh IJTI Sumbar, Sabtu (4/4/2020). Jumlah keseluruhan tersebut sudah termasuk yang meninggal dunia.

baca juga: Kemenkes Harap Masyarakat yang Positif Covid-19 Tidak Langsung Minta Dirawat di Rumah Sakit, Jika...

Nasrul menambahkan, sementara itu untuk data untuk jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) hari ini sebanyak 73 orang. Bertambah 2 orang dari 71 orang pada sehari sebelumnya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengingatkan agar masyarakat perantau tidak pulang dulu sementara waktu. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona di kampung halaman mereka.

baca juga: Sebut Sinovac Adalah Vaksin Berisi Virus Mati, Jubir : Tidak Mungkin Menyebabkan Terinfeksi Covid-19

"Bagi yang masuk harus dipastikan benar-benar dalam keadaan sehat. Kalau bisa perantau itu jangan pulang dulu," ujarnya.

Dilansir dari situs https://corona.sumbarprov.go.id/, data pantauan COVID-19 di Sumbar per 4 April 2020. Jumlah warga dengan status orang dalam pemantauan (ODP) kembali mengalami kenaikan sebanyak 102 orang.

baca juga: Viral Pembagian Nasi Kotak dari Presiden, Beragam Komen Netizen Bermunculan

Hari ini berdasarkan data yang diperoleh Pemprov Sumbar ODP terdata sebanyak 3.378 orang. Dihari sebelumnya Jumat (3/4/2020) jumlah ODP di Sumbar sebanyak 3.276 orang.

"Kenaikan jumlah ODP terjadi karena masih adanya orang yang masuk ke wilayah Sumbar. Mereka mendapatkan status ODP sampai 14 hari," pungkas Nasrul kemudian.(*)

baca juga: DPR Minta Menkes Buat Instrumen Penanganan Covid-19 yang Efektif

Editor: Muhammad Haikal