PM Inggris Dirawat di ICU karena Corona, Posisinya Digantikan Menlu Dominic Raab

PM Inggrid Boris Johnson
PM Inggrid Boris Johnson (net)

KLIKPOSITIF - Kondisi yang terus memburuk setelah dinyatakan positif terjangkit virus corona membuat Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson dirawat di ICU. Sementara posisinya di pemerintahan digantikan oleh Menteri Luar Negeri Dominic Raab.

Johnson dilarikan ke rumah sakit pada Minggu (5/4/2020) malam karena keadaanya tak kunjung membaik akibat terinfeksi virus corona . Sejak dinyatakan positif corona pada 27 Maret 2020, Johnson sempat menjalani isolasi mandiri di kediamannya.

baca juga: Permintaan Turun, Harga Minyak Dunia Anjlok Lebih 2 Persen

Johnson telah menunjuk Menteri Luar Negeri Dominic Raab untuk mewakilinya jika diperlukan. Keputusan menyerahkan kekuasaan kepada Dominic Raab diambil setelah kabinet dan parlemen khawatir dengan kondisi Johnson. Ia seharusnya beristirahat dan menjalani pengobatan penuh.

Saran untuk menyerahkan kekuasaan dan fokus menjalani pengobatan juga muncul mengingat gejala virus corona yang dialami oleh Johsnon terus memburuk, yakni batuk terus menerus dan demam tinggi.

baca juga: Ducati Hadirkan Streetfighter V4 S dalam Polesan All Dark

Pada Senin siang, Kantor Perdana Menteri masih bersikeras bahwa Johnson masih dapat membaca kotak merah surat-surat pemerintahan dan pada konferensi pers harian Senin sore, Raab mengklaim Johnson masih sepenuhnya bertanggungjawab dan mengeluarkan instruksi.

Selama 10 hari diisolasi secara mandiri, kondisi kesehatan Johnson tak kunjung membaik. Ia masih terus mengalami demam tinggi sehingga dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

baca juga: Pemerintah Anggarkan Rp122 Triliun untuk UMKM

"Sepanjang siang ini, kondisi Perdana Menteri semakin buruk. Atas saran tim medis, ia telah dipindahkan ke ICU di rumah sakit," kata Kantor Berita Perdana Menteri dialihbahasakan dari The Guardian, Selasa (7/4/2020).

Sejak tiba di rumah sakit pada Minggu malam, Johnson telah mendapatkan bantuan masker oksigen untuk bernapas.

baca juga: Dolar Menguat, Harga Emas Dunia Mulai Turun Lagi

Editor: Ramadhani