Mabes TNI Salurkan Alat Pelindung Diri pada Pemkab Pasbar

Dandim 0305 Pasaman, Ahmad Aziz saat memberikan bantuan APD kepada Bupati Pasbar, Yulianto di halaman kantor RSUD Jambak
Dandim 0305 Pasaman, Ahmad Aziz saat memberikan bantuan APD kepada Bupati Pasbar, Yulianto di halaman kantor RSUD Jambak (Ist)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Mabes TNI serahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ). Bantuan itu terkait dengan penanggulangan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Rabu (8/4/2020).

"Bantuan ini disalurkan diberbagai Kabupaten yang ada di Indonesia, dalam rangka TNI ikut berpartisipasi dalam bentuk penanggulan serta pencegahan COVID-19," sebut Dandim 0305 Pasaman Letkol Inf Ahmad Aziz usai menyerahkan bantuan di halaman kantor RSUD Jambak.

baca juga: Polisi Tangkap Tangan Pelaku Togel Online di Pasaman Barat

Ia mengatakan, ini merupakan bentuk kepedulian TNI atas pandemi COVID-19, yang seyogya nya untuk keamanan dan kewaspadaan diri. Sedangkan bantuan yang diserahkan berupa menyerahan bantuan dari Mabes TNI berupa, dua bad tempat tidur lengkap dengan isolator, APD serta manitest SUP.

Sementara itu, Bupati Pasama Barat, Yulianto mengucapkan terima kasih kepada Mabes TNI karena telah peduli dengan memberikan bantuan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

baca juga: Mahasiswa Segel Kantor DPRD Pasaman Barat

Kata dia, pandemi corona telah menyerang seluruh dunia termasuk Indonesia. Bantuan alat pelindung diri yang diberikan Mabes TNI sangat lah dibutuhkan terutama baju lengkap, masker, sarung tangan dan penutup wajah.

"Ini sangat dibutuhkan bagi tim medis yang melakukan tindakan medis di RSUD Jambak, terhadap pasien yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang telah diisolasi," kata Yulianto.

baca juga: Hingga Malam Para Pendemo Masih Bertahan di Gerbang Kantor DPRD Pasbar

Ia juga mengimbau, agar semua masyarakat dapat membentingi diri dan terus berusaha bersama-sama memutus mata rantai penyeberan virus corona, dengan cara menjaga kesehatan dan tetap mengikuti anjuran yang disampaikan oleh pemerintah.

"Alhamdulillah, hingga saat belum ada warga kita yang terkonfirmasi positif corona. Bagi perusahaan yang ingin membantu APD dengan hati kita menerima nya," ucapnya.

baca juga: Ratusan Mahasiswa Desak Masuk ke Gedung DPRD Pasaman Barat

Yulianto menambahkan, terimakasih juga atas kerjasama dari Kapolres Pasbar , Dandim Pasaman, Kajari Pasbar , BPBD, Kepala OPD serta tim medis yang bertugas dalam pemutusan rantai penyebaran virus corona ini," imbuhnya.

Direktur RSUD Jambak, Yuswardi menerangkan, pihak nya sangat membutuhkan dan kekurangan dalam hal APD dan penambahan ruang isolasi terhadap pasien terkait COVID-19.

Selain itu kata dia, untuk tindakan operasi lain dan aktivitas di RSUD Jambak untuk sementara tidak ada lakukan, kecuali operasi melahirkan atau dinyatakan gawat darurat.

Berdasarkan data dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pasbar , hingga Selasa (7/4/2020) siang, tercatat 127 ODP (18 sehat), 6 orang PDP (2 negatif) dan 3.578 lebih pelaku perjalanan (Notifikasi).

Catatan Redaksi: Bagi anda warga Kebupaten Pasaman Barat yang merasakan gejala demam tinggi, batuk, nyeri tenggorokan dan sesak nafas, hubungi Call Center COVID-19 Kabupaten Pasaman Barat di nomor 081363206072, 081396045210, 081219074430 dan 085263011244.

[Irfansyah Pasaribu]

Editor: Khadijah