Tujuh Tahun Terbaring Sakit, Pemkab Pessel Janji Segera Urus BPJS dan Pengobatan Darul Karar

Kepala Dinsos PPA Pesisir Selatan, Zulpian Apriyanto (hijau) saat menjenguk Darul Karar
Kepala Dinsos PPA Pesisir Selatan, Zulpian Apriyanto (hijau) saat menjenguk Darul Karar (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengupayakan Darul Karar (26) pemuda asal Gantiang Mudiek Utara, Kecamatan Sutera yang terbaring sakit tujuh tahun bakal segera mendapatkan fasilitas pengobatan .

Hal itu, diungkapkan Kepala Dinas Sosial , Pemberdayaan Perempuan dan Perlindunga n Anak (Dinsos PPA) Pesisir Selatan, Zulpian Apriyanto saat menjenguk kondisi Darul Karar, Sabtu 11 April 2020.

baca juga: Jokowi Akan Bentuk Kementerian Investasi, Ini Kata Pengusaha

"Kita sudah langsung melihat kondisi Darul, dan fasilitas pengobatannya akan segera kami urus,"ungkapnya pada KLIKPOSITIF .

Ia menjelaskan, melihat kondisi Darul Karar sebagai keluarga miskin, Darul tidak pernah luput dari perhatian pemerintah. Sebab, sebagai keluarg kurang mampu, keluarganya sudah tercatat sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH), dan bantuan sembako rutin setiap bulan.

baca juga: BMKG Ingatkan Masyarakat Waspadai Ancaman Banjir

Namun, Zulpian sapaan Kadis merasa heran mengapa, keluarga mengaku belum mendapat BPJS gratis dari pemerintah. Sebab, menurut, jika sudah tercatat sebagai penerima PKH, otomatis masuk sebagai penerima bantuan iuran (PBI) kesehatan pemerintah.

"Jika memang belum sesuai pengakuan keluarga. Maka akan segara kita urus, sehingga anak ini segera bisa berobat," terangnya.

baca juga: Soal Temuan Data Fiktif Penerima Bansos, Ini Kata Menkeu

Selain mengecek kondisi Darul, Zulpian juga menyerahkan bantuan sembako kepada keluarga. Selain sembako, keluraga juga menerima bantuan siap saji untuk dimanfaatkan sebagai pentutup kebutuhan sehari-hari.

"Dan untuk Sembako ini titip salam langsung Buk Lisda (Anggota DPR RI Dapil Sumbar). Dan, Alhamdulillah keluarga sangat berterimakasih, dan untuk BPJS -nya akan segera kita upayakan," tutupnya.

baca juga: Temui Menteri Kelautan dan Perikanan, Bupati Pessel Bahas Potensi Perikanan dan Peningkatan Ekonomi Nelayan

Sebelumnya, diberitakan KLIKPOSITIF , Darul Karar sudah tujuh tahun terbaring sakit, kerana tidak memiliki BPJS untuk berobat.

Ia terbaring sakit, semenjak umur 16 atau tahun 2015 silam setelah pinggulnya jatuh saat mengendarai sepeda motor. Malang, tulang pinggulnya terbentur dan begeser hingga membuat kesehatan fisiknya hingga kini terus memburuk. Dan kekinian, ia menumpang di rumah kerabat orang tuanya di Kampung Lampanjang, Nagari Rawang Gunung Malelo, Kecamatan Sutera.

Menumpang dengan tujuan, agar mudah menjangkau tempat pengobatan . Sebab, jarak kampungnya tinggal jauh terpelosok dari pusat kecamatan.

Catatan Redaksi: Melihat kondisi Darul Karar saat ini, tentu sangat membuat kita merasa prihatin. Apalagi dengan kondisi ekonominya orang tuanya yang terbilang kurang mampu. Jadi, bagi yang ingin mengetahui langsung bisa menghubungi melalui nomor ini, 0852-6351-4657 (Dodianto) dan 0852-7420-2380 (Robi Hermanto).

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri