Pemko Pariaman Anggarkan Rp56,8 Miliar untuk Penanganan COVID-19

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Anggaransenilai Rp56,8 miliar dianggarkan Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman , Sumatera Barat, untuk mengatasi penyebaran serta penanganan akibat pandemik COVId-19 di daerah itu.

Walikota Pariaman , Genius Umar mengatakan, semua proyek pengadaan barang maupun jasa tidak prioritas dijajarannya telah hentikan dan dialihkan untuk COVID-19.

baca juga: Moeldoko Masih Mengaku Ketum Demokrat, Begini Respon Tokoh Partai

" Kami geser dananya untuk penanganan COVID-19 di Kota Pariaman ," kata Genius Umar di Pariaman , Senin 13 April 2020.

Lebih lanjut Genius mengatakan, pengalokasian anggaran puluhan miliar tersebut tertuang ke dalam surat 903/702/IV/BPKPD-2020 tentang Penyampaian Laporan Penggunaan APBD Tahun Anggaran 2020 untuk Penanganan Pandemi COVID-19 di Kota Pariaman .

baca juga: Jelang Lebaran, Menkes Minta Vaksin Lansia Diprioritaskan

Dikatakannya juga rasionalisasi anggaran tersebut sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 1 2020 tentang Pencegahan Penyebaran dan Percepatan Penanganan COVID-19 di Lingkungan Pemerintah Daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota.

"Nah, alokasi dana anggaran yang akan digunakan tersebut yaitu di antaranya penyediaan prasarana dan sarana kesehatan untuk COVID-19 dan penunjang kesehatan lainnya sebesar Rp14,8 miliar, penanganan dampak ekonomi Rp6,5 miliar, serta penyediaan jaring pengaman sosial Rp14,3 miliar," ungkap Genius.

baca juga: 6 Juta Bahan Baku Vaksin Sinovac Tahap Delapan Mendarat di Soetta

Jadi selain anggaran untuk kesehatan , kata Genius lagi, pihaknya juga menyiapkan dana untuk insentif warga terdampak COVID-19 sebagai jaring pengaman sosial yang besarannya sesuai dengan kemampuan keuangan Kota Pariaman .

Ia menegaskan pihaknya tidak sembarangan memberikan dana insentif tersebut kepada warga karena harus menyesuaikan kriteria yang telah ditetapkan agar bantuan tersebut tepat sasaran.

baca juga: Antisipasi Balapan Liar di Pariaman, Satlantas Amankan 7 Remaja dan Sepeda Motor

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri