Di Tengah Pandemi COVID-19, Ini Kiat Admisi Cantik Ini Layani Pasien

kepala ruangan admisi di Semen Padang Hospital, Riski Febriella
kepala ruangan admisi di Semen Padang Hospital, Riski Febriella (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Wabah COVID-19 tidak pandang bulu. Selama ini petugas kesehatan atau orang-orang yang bekerja di dunia medis tak jarang jadi sasaran. Mengantisipasi hal itu, Riski Febriella (30), kepala ruangan admisi di Semen Padang Hospital , punya kiat tersendiri agar tidak terpapar COVID-19.

Kata wanita cantik kelahiran Padang, 6 Februari 1990 itu, dalam melayani pasien saat berada di pos admisi, harus menjaga jarak minimal 1 meter, menggunakan masker, tidak melakukan kontak fisik dengan pasien

baca juga: Kasus Positif COVID-19 Meningkat, Semen Padang Hospital Tambah 23 Tempat Tidur

."Sebelum dan sesudah melayani pasien harus dilakuan hand hygiene," kata pemegang gelar sarjana ekonomi itu.

Menurut Kiki, SPH sebagai rumah sakit besar di Sumbar telah memiliki standar layanan memadai untuk mengantisipasi COVID-19. Misalnya, bagian skrining dan security akan melakukan pengecekan suhu tubuh serta memberikan handsanitizer kepada seluruh pengunjung yg masuk SPH tanpa terkecuali.

baca juga: Semen Padang Adakan Webinar Cegah COVID-19 untuk Istri Karyawan

Kemudian disediakan bilik sterilisasi didekat 2 pintu masuk. Seluruh pengunjung wajib memakai masker. Untuk pasien yang akan berobat dilakukan skrining sebelum masuk.

SPH juga menerapkan, tidak adanya jam berkunjung, pembatasan penunggu pasien yg dirawat hanya boleh 1 orang saja. Pengaturan marka physical distancing. Melakukan desinfeksi seluruh ruangan dan perabot setiap hari.

baca juga: Hadapi Lonjakan Kasus COVID-19, SPH Tambah Tempat Tidur

Menjawab apakah merasa terganggu dalam memberi layanan prima pada pasien saat wabah COVID-19, Kiki mengatakan, tidak.

"Kita adalah tenaga kesehatan yang profesional sehingga harus siap memberikan pelayanan yang prima dan optimal terhadap pasien apapun keadaannya serta didukung dengan standar alat pelindung diri, karena itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawab pekerjaan," " kata wanita yang hobi Travelling, dan kuliner itu.

baca juga: Banyak Merawat Pasien Covid-19, Begini Kondisi di SPH

Staf SPH itu memiliki motto dalam bekerja yakni, selalu memberikan pelayanan yang prima dan berkualitas dengan sepenuh hati.

Kiki berharap, pandemi COVID-19 cepat berlalu, dan kita semua bisa kembali beraktivitas seperti biasa. "Sehatlah bumiku," tuturnya.

Kepada masyarakat, Kiki berpesan agar tidak lupa memakai masker saat hendak akan bepergian. Stay at home. Kalau tidak berkepentingan keluar lebih baik berdiam diri di rumah. Social distancing. Selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir

Sediakan handsanitizer di dalam tas. Setelah pulang bepergian,jangan lupa segera membersihkan diri sebelum melakukan kontak dengan anggota keluarga

Kemudian menjaga daya tahan tubuh, dengan mengkonsumsi makan sehat, bergizi dan minum multivitamin.

"Selalulah berdoa agar kita selalu dalam lindungan Allah, SWT, agar wabah ini segera berlalu," ucap wanita yang sudah bekerja 5 tahun di SPH itu. (*)

Editor: Khadijah