Sawahlunto Siapkan Rp12 Miliar untuk Penanganan Covid-19

Walikota Sawahlunto, Deri Asta saat videoconference dengan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kamis sore, 16 April 2020.
Walikota Sawahlunto, Deri Asta saat videoconference dengan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kamis sore, 16 April 2020. ()

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota Sawahlunto menyiapkan anggaran Rp12 miliar untuk menangani kasus Covid-19. Dana tersebut berasal dari pergeseran anggaran yang dilakukan pemerintah kota untuk membeli seluruh perlengkapan Covid-19.

"Ada beberapa kebijakan yang sudah dilakukan oleh pemerintah kota, diantaranya kebijakan yang sudah menerbitkan SK tentang Satgas Covid-19 Sawahlunto dan Satgas penanganan dampak sosial Covid-19," kata kata Walikota Sawahlunto , Deri Asta saat videoconference dengan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kamis sore, 16 April 2020.

baca juga: Kantor Pusat PDAM Kota Padang Tutup Hingga Rabu, Ini Penyebabnya

Ia mengatakan selain rapat koordinasi yang terus dilakukan, pihaknya juga membuat surat edaran kepada desa untuk mengalihkan anggaran desa dalam penanganan Covid-19. "Ada surat edaran dalam menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (AAPBDes) kepada kelurahan yang ada. Hingga hari ini, ada hampir Rp4 miliar dana yang digeser untuk penanganan Covid-19," tuturnya.

Deri menuturkan bahwa pemerintah kota juga telah menyediakan tempat karantina yang merupakan milik balai Diklat tambang bawah tanah dengan kapisitas 40 kamar. "Tempat ini cukup representatif dan juga ruang isolasi yang disediakan di RSUD Sawahlunto . Saat ini kita juga mengupayakan penambahan peralatan pendukung dan bagaimana juga ruang isolasi ditambah untuk diberdayarakan," jelasnya.

baca juga: Agam Catat Rekor Pasien COVID-19 Sembuh Terbanyak

Ia juga mengimbau warganya agar tetap menggunakan masker jika memang harus keluar rumah. "Dan alangkah baiknya jika memang tidak ada kepentingan, maka sebaiknya tetap tinggal dirumah untuk memutus mata rantai Covid-19," imbaunya. (*)

Editor: Fitria Marlina