Bukan Disinfektan, Wisma Atlet Disterilisasi Pakai Sinar UV

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Wisma Atlet sebagai rumah sakit darurat untuk penanganan Virus Corona atau Covid-19 disterilisasi. Tidak seperti biasanya yang menggunakan cairan disinfektan, kali ini mengandalkan cahaya Ultra Violet (UV).

Pelaksanaannya menggunakan alat bernama UV Care General Sterilizer. Alat ini didonasikan oleh UV Care Indonesia kepada pihak Wisma Atlet .

baca juga: Presidium Asmapi Tuding Ada Upaya Operasi Intelijen Agar Habib Rizieq Positif Corona

Kepala Tim Logistik Wisma Atlet , Kolonel Waseso mengatakan alat ini bisa menjadi sarana untuk memutus mata rantai penyebaran Coronavirus jenis baru atau Covid-19 di rumah sakit darurat ini. Menurutnya, keamanan dan keselamatan para pekerja di Wisma Atlet harus diutamakan.

"Semoga adanya donasi ini kerja kami semakin cepat untuk memutus transmisi virus Covid-19 di area Zona Merah Wisma Atlet . Dengan adanya alat sterilisasi menggunakan lampu UV-C ini, kerja kami semakin cepat dan mudah dalam mensanitasi, dan mensterilisasi ruangan kamar pasien Covid-19," ujar Kolonel Waseso dalam keterangan tertulis yang dilansir dari Suara.com jaringan KLIKPOSITIF .com, Jumat (17/4/2020).

baca juga: DPR Harap KONI Konsisten Bantu Pembinaan Atlet Nasional

Kolonel Waseso juga mengatakan, jika nantinya General Sterilizer ini akan digunakan untuk mensterilisasikan ruangan pasien yang sudah selesai masa karantina di Wisma Atlet . Selain itu, alat juga digunakan untuk ruangan praktek dokter maupun ruangan medis lainnya.

"Nanti kami akan menggunakan alat sterilisasi ini untuk ruangan medis, kamar pasien yang sudah selesai karantina di Wisma Atlet . Dengan begitu, diharapkan dapat memutus penyebaran Covid-19 di sini serta ruangan yang telah disteril bisa digunakan kembali untuk pasien baru," jelasnya.

baca juga: Kemenperin: Lebih Rp32,5 Triliun Investasi Baru Akan Masuk pada Sektor Agro

Direktur Utama PT Roswell Mitra Perkasa, Caroline Victoria selaku pihak yang mendonasikan alat ini mengatakan lampu dari sinar UV-C yang diproduksi oleh UV Care telah terbukti mampu membunuh virus SARS dan H1N1. Kedua virus itu disebutnya termasuk dalam satu bagian Covid-19, bahkan lebih kuat.

Ia menyebut sudah berbagai Rumah Sakit internasional menggunakan sinar UV-C untuk menangani berbagai virus , salah satunya Rumah Sakit Nebraska yang menangani pasien Ebola. Rumah sakit itu melakukan sterilisasi dengan sinar UV-C untuk ruangan pasien, sterilisasi masker, dan alat pelindung diri dokter.

baca juga: Ratusan warga Mengungsi Saat Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas

Bahkan saat ini, Rumah Sakit di China, London, dan Amerika Serikat disebutnya sudah menggunakan lampu UV-C untuk melawan virus Covid-19. Selain rumah sakit, beberapa bandar udara di Amerika Serikat, China dan Rusia juga menggunakan lampu UV-C untuk mensterilisasi virus dalam sarana transportasi umum.

"Lampu Sinar UV-C dari UV Care telah terbukti mampu membunuh 99,9 persen virus dan bakteri, hingga virus kuat sekaligus seperti H1NI1, MERS dan SARS," tuturnya.

Operational Manager PT Roswell Mitra Perkasa, Erika Kristini mengatakan UV Care juga sudah menjadi partner di Chinese General Hospital, dan pelbagai Rumah Sakit di Thailand dan Filipina yang resmi untuk menangani Covid-19.

Karena itu ia ingin membantu memutuskan rantai penyebaran Covid-19 dengan cara mendonasikan pinjaman UV Care General Sterilizer untuk Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet .

"Kami berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan kepercayaan untuk menggunakan alat general sterilizer UV Care di Wisma Atlet ," pungkasnya.

Editor: Eko Fajri