Jelang Ramadan, Ini Imbauan Polres Payakumbuh

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan.
Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan. (Ade Suhendra)
PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -

Ramadan tahun ini menjadi bulan puasa yang berbeda dari tahun sebelumnya. Pasalnya, Ramadan 1441 H tahun ini berada di dalam kondisi Pandemi COVID-19 yang tidak hanya melanda Indonesia, tapi juga beberapa negara lainnya di dunia.

Menyambut bulan Ramadan tahun ini, Polres Payakumbuh mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan keimanan dan melakukan muhasabah. Kemudian agar terhindar dan dijauhkan dari bahaya virus corona, Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan juga berharap masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

baca juga: Pilkada Damai, Aman, dan Sehat Dideklarasikan di Kota Payakumbuh

Ia menambahkan untuk personel Polri yang beragama Islam atau muslim maka wajib melaksanakan ibadah puasa. Kemudian untuk pelaksanaan ibadah di malam hari seperti salat tarawih dilakukan secara individu atau berjamaah bersama keluarga dan Tadarus Alquran dilakukan di rumah.

"Kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak mengadakan buka puasa bersama. Selain itu, juga tidak menggelar Nuzulul Quran dan kegiatan lainnya karena dapat mengumpulkan banyak orang," kata Kapolres Payakumbuh yang juga diunggahnya di akun media sosial Instagram @polres.payakumbuh.

baca juga: Pemko Payakumbuh dan BNN Deklarasikan Kelurahan Bersinar

Selain itu, pihaknya juga mengimbau dan mengajak masyarakat untuk tidak menyelenggarakan salat Idul Fitri berjamaah di masjid atau di lapangan. Sementara itu, Polres Payakumbuh juga akan melakukan beberapa kegiatan sosial seperti zakat fitrah dan zakat mal, menyantuni kaum dhuafa dan anak yatim piatu di lingkunhaj Polri.

Secara terpisah, Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto saat konferensi pers yang difasilitasi IJTI Sumbar via Zoom Meeting, Senin 20 April 2020 mengatakan akan menindak tegas adanya pelaksanaan tradisi Balimau. Pasalnya kegiatan tersebut akan mengumpulkan banyak orang dan hal tersebut dilarang di tengah Pandemi COVID-19 ini.

baca juga: Terpilih di TC GSI Nasional, Sebanyak 3 Pelajar SMP Payakumbuh Berpeluang Tembus Timnas U-16

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang. Dalam hal adalah adanya tradisi Balimau yang sudah menjadi budaya masyarakat khususnya di Sumbar," kata Irjen Pol Toni Harmanto didampingi Kepala Bidang Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi