Sambut Ramadan di Tengah Pandemi COVID-19, Polres Payakumbuh Bagikan Ratusan Sembako

Suasana Polres Payakumbuh saat bagikan ratusan paket sembako, Selasa 21 April 2020.
Suasana Polres Payakumbuh saat bagikan ratusan paket sembako, Selasa 21 April 2020. (Ade Suhendra)
PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -

Polres Payakumbuh bagikan ratusan sembako jelang memasuki bulan Ramadan, Selasa 21 April 2020.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan melalui Kabag Sumda Kompol Russirwan mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan. Kemudian kegiatan yang berlangsung di Kawasan Polres Payakumbuh ini juga sebagai bentuk kepedulian Polres Payakumbuh kepada warga terdampak COVID-19 di Payakumbuh.

baca juga: Apakah Anak-anak Juga Akan Mendapatkan Vaksin COVID-19?

"Kegiatan ini adalah salah satu Bhakti Sosial Polres Payakumbuh Peduli COVID-19 sekaligus dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan yang kami namakan Gerakan Bhakti Sosial Pembagian Sembako. Isinya beras 5 kilogram, telur 10 butir, minyak goreng 1 liter, mie instant 4 bungkus, gula 1/2 kilogram, dan teh 1 kotak," kata Kompol Russirwan didampingi Wakapolres Payakumbuh Kompol Arie Sulistyo Nugroho.

Ia menjelaskan untuk sasaran kegiatan tersebut adalah fakir miskin, anak yatim piatu, pekerja tidak tetap terdampak langsung COVID-19, keluarga Polri yang terdampak Langsung COVID-19 di Wilayah Hukum Polres Payakumbuh .

baca juga: Peneliti Nara Medical University Jepang Sebut Teh Dapat Melindungi Seseorang dari COVID-19

Kabag Sumda yang akrab disapa Ayah Russirwan ini menambahkan untuk jumlah sembako yang dibagikan sebanyak 175 paket.

"Alhamdulillah, ratusan paket sembako ini langsung didistribusikan oleh Kapolres Payakumbuh dan juga Bhabinkamtibmas kepada sasaran penerima. Beberapa penerima paket sembako ini adalah buruh, pemulung, tukang becak, ojek pangkalan, ojek online, dan korban PHK serta terdampak langsung COVID-19," ujarnya.

baca juga: 24 Warga Solok Positif Covid-19, 11 Diantaranya Anggota KPPS

Sebelumnya, Polres Payakumbuh mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan keimanan dan melakukan muhasabah. Kemudian agar terhindar dan dijauhkan dari bahaya virus corona, Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan juga berharap masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Ia menambahkan untuk personel Polri yang beragama Islam atau muslim maka wajib melaksanakan ibadah puasa. Kemudian untuk pelaksanaan ibadah di malam hari seperti salat tarawih dilakukan secara individu atau berjamaah bersama keluarga dan tadarus alquran dilakukan di rumah.

baca juga: KPU Akan Datangi Pasien Covid untuk Pilkada, Ahli Sebut Memperburuk Keadaan

"Kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak mengadakan buka puasa bersama. Selain itu, juga tidak menggelar Nuzulul Quran dan kegiatan lainnya karena dapat mengumpulkan banyak orang," kata Kapolres Payakumbuh yang juga diunggahnya di akun media sosial Instagram @polres.payakumbuh.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau dan mengajak masyarakat untuk tidak menyelenggarakan salat Idul Fitri berjamaah di masjid atau di lapangan. Sementara itu, Polres Payakumbuh juga akan melakukan beberapa kegiatan sosial seperti zakat fitrah dan zakat mal, menyantuni kaum dhuafa dan anak yatim piatu di lingkungan Polri.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Rezka Delpiera