Irfendi Arbi Pastikan Seluruh Objek Wisata Ditutup, Tradisi Balimau di Lima Puluh Kota Ditiadakan

Bupati Lima Puluh Kota, Irfendi Arbi saat meninjau objek wisata Batang Tabik, Kabupaten Lima Puluh Kota.
Bupati Lima Puluh Kota, Irfendi Arbi saat meninjau objek wisata Batang Tabik, Kabupaten Lima Puluh Kota. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF - Bupati Lima Puluh Kota , Irfendi Arbi menegaskan, pihaknya menutup seluruh kawasan objek wisata selama diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besaran (PSBB) di Sumbar.

Meski aktivitas balimau dengan mengunjungi objek wisata satu hari jelang Ramadan memang telah jadi tradisi masyarakat Sumbar, termasuk di Lima Puluh Kota , namun di tahun ini dengan merebaknya penyebaran COVID-19 kebiasaan tersebut tidak lagi dilakukan.

baca juga: KPU Lima Puluh Kota Minta Masyarakat Proaktif Cermati DPS

"Dengan diberlakukannya PSBB masyarakat tidak diperbolehkan lagi untuk mendatangi tempat keramaian, salah satunya kawasan objek wisata," kata Irfendi Arbi , Rabu (22/4/2020).

Irfendi Arbi menilai sejumlah objek wisata di Kabupaten Lima Puluh Kota , seperti kawasan wisata Batang Tabik Kecataman Luhak, merupakan tempat pemandian yang selama ini jadi primadona warga Lima Puluh Kota di hari balimau . Namun saat ini ditutup pihak penyelenggara.

baca juga: Kasrem 032/Wirabraja Tutup Latihan UST Kompi Yonif 131/Braja Sakti di Payakumbuh

"Sebentar lagi Ramadan datang, kebiasaan masyarakat adalah Balimau . Kita pastikan seluruh objek wisata tidak beroperasi," tegas Irfendi.

Dikatakan Irfendi, langkah yang diambil pengelola Batang Tabik sudah sesuai dengan imbauan pemerintah terkait penjagaan jarak.

baca juga: Balai Wartawan Luak Limopuluah Telah Didistribusikan 1.000 Masker Gratis, Besok Bagikan 1.000 Lagi

"Kita support juga pengelola pemandian Batang Tabik yang sudah mendukung pencegahan Corona dengan menutup seluruh kawasan untuk umum," terangnya saat meninjau objek wisata itu.

Pada kesempatan itu, selain mencek objek wisata, Irfendi Arbi juga sosialisasi PSBB serta pencegahan dalam penyebaran COVID-19.

baca juga: Diantar Heli Chinook, Lima Puluh Kota Kembali Dapat Bantuan dari BNPB

"Kita minta masyarakat untuk tetap di rumah, tidak beraktivitas di luar. Selalu pakai masker dan hidup sehat. Mudah-mudahan Corona cepat berlalu," pungkasnya. (*)

Editor: Taufik Hidayat