Ganefri Kembali Terpilih jadi Rektor UNP Periode 2020-2024

Prof Ganefri, Ph.D kembali terpilih sebagai rektor Universitas Negeri Padang (UNP) periode 2020-2024 melalui pemilihan yang dilakukan secara daring, Kamis, 23 April 2020.
Prof Ganefri, Ph.D kembali terpilih sebagai rektor Universitas Negeri Padang (UNP) periode 2020-2024 melalui pemilihan yang dilakukan secara daring, Kamis, 23 April 2020. (KLIKPOSITIF/FITRIA MARLINA)

PADANG, KLIKPOSITIF - Prof Ganefri, Ph.D kembali terpilih sebagai rektor Universitas Negeri Padang ( UNP ) periode 2020-2024 melalui pemilihan yang dilakukan secara daring, Kamis, 23 April 2020. Pemilihan ini merupakan pemilihan yang dilakukan bersama dengan Kementerian.

Ketua Senat Universitas Negeri Padang Prof. Dr. Z. Mawardi Effendi, M.Pd mengatakan pemilihan baru saja dilaksanakan secara daring oleh pihak senat dan kementerian. Porsi suaranya yakni 65 persen dari senat dan 35 persen dari pihak kementerian.

baca juga: Rp695,2 Triliun Dialokasikan untuk Penanganan COVID-19, PK Gebrak Imbau UNP Masyarakat Awasi Penggunaan Dananya

"Pihak kementerian sudah menyampaikan bahwa mereka bisa hadir dalam proses pemilihan karena pemilihan ini adalah domain kementerian, bagaimana cara kementerian yang menentukan. Kemudian datang surat dari dirjen bahwa kementerian melaksanakan pemilihan suara dilakukan melalui daring," katanya saat dihubungi di Solok, Kamis, 23 April 2020.

Ia mengatakan Ganefri memperoleh suara sebanyak 126 dari 131 suara secara keseluruhan atau sekitar 96 persen suara. "Sedangkan dari pihak senat Ganefri berhasil memperoleh suara sebanyak 85 dari 96 suara," tuturnya.

baca juga: Lima Mahasiswa UNP Wakili Sumbar di Tingkat Nasional Pada Ajang KBKM 2020

Selanjutnya hasil pemilihan ini akan dikirim lagi ke Kementerian. "Tadi juga sudah disaksikan melalui daring oleh Kepala Biro SDM Kementerian soal pemilihan langsung ini. Rektor terpilih ini nantinya akan diangkat dalam rentang waktu hingga 19 Juli," jelasnya.

Mawardi berharap dengan terpilihnya kembali Ganefri sebagai rektor untuk empat tahun mendatang, semoga lompatan yang dicapai selama empat tahun terakhir bisa dicapai l;agi di masa mendatang.

baca juga: Begini Pola Belajar Online yang Efektif Menurut Pakar

"Empat tahun belakangan lompatan luar biasa bagi UNP , yang tentunya ini juga kerjasama kolektif civitas akademika dan semua pihak. Kedepan tentunya ada lagi lompatan luar biasa yang bisa dilakukan. Jika tidak ada, minimal sama dengan empat tahun belakangan," harapnya.

Sebelumnya dalam pemilihan rektor tingkat senat, Prof Ganefri, Ph.D berhasil meraih 77 suara dalam pemilihan, disusul oleh Prof. Dr Syahrial Bakhtiar, M.Pd, sebanyak 12 suara, Dr Refnaldi, S.Pd, M. Litt. (*)

baca juga: Empat Strategi Ganefri dalam Bangun UNP Empat Tahun Kedepan

Editor: Fitria Marlina