Ditanya Netizen Beda Pulang Kampung dan Mudik, Ini Jawab Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan
Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (Net)

KLIKPOSITIF - Susi Pudjiastuti , mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, memantik keriuhan di Twitter setelah ia ikut mengomentari perbedaan antara mudik vs pulang kampung - tema yang jadi ramai setelah dibahas Presiden Joko Widodo dan Najwa Shihab dalam talk show Rabu malam tadi.

Susi, yang menjadi salah satu anggota kabinet Jokowi di periode 2014-2019, ikut nimbrung soal tema mudik vs pulang kampung karena ditanya oleh seorang pengguna Twitter pada Kamis (23/4/2020).

baca juga: Uji Klinis Vaksin Covid-19 Indonesia Gunakan Metode Farmakologi, Apa Itu?

"Ibu, saya mau tanya beda pulang kampung vs Mudik..." tulis pemilik akun @Mira_ARPutri itu.

Apa jawab Susi Pudjiastuti ?

baca juga: Kasus Kembali Bermunculan, Zona Hijau COVID-19 di Sumbar Tinggal Empat Daerah

"Pulang kampung ada 13 hurupnya ... mudik cuma 5 hurupnya," jawab Susi dalam akun Twitter resminya yang memiliki lebih dari 1,6 juta follower.

Sontak, jawaban singkat Susi Pudjiastuti itu disambut riuh oleh warganet. Sampai berita ini ditayangkan, cuitannya itu sudah disukai lebih dari 1.100 kali, di-retweet sebanyak 547 kali, dan dikomentari lebih dari 200 kali.

baca juga: Menperin Khawatir Virus Baru Akan Muncul dan Lebih Mematikan dari COVID-19

Tak hanya itu, foto tangkapan layar komentar Susi Pudjiastuti soal mudik vs pulang kampung juga ramai dibagikan di aplikasi pesan singkat WhatsApp dan media sosial lain.

Tema mudik vs pulang kampung ramai setelah dalam talk show dengan Najwa Shihab, Presiden Jokowi mengatakan bahwa mudik berbeda dari pulang kampung.

baca juga: Ada Dana POP, Kemendikbud Diminta Subsidi Pendidikan Jarak Jauh

Obrolan soal mudik itu dipantik oleh keputusan pemerintah yang baru saja melarang mudik jelang Lebaran, sementara jauh sebelumnya sudah banyak penduduk kota besar yang pulang ke kampung mereka masing-masing karena aktivitas perekonomian merosot akibat wabah Covid-19.

Karena komentarnya itu, Jokowi pun panen kritik dan jadi bulan-bulanan di media sosial. Tetapi banyak pula yang mendukung presiden soal komentar mudik vs pulang kampung itu

Editor: Eko Fajri