Hari Kedua PSBB di Sumbar, Wakil Gubernur Nasrul Abit Kunjungi Posko Perbatasan Lima Puluh Kota

Wakil Gubernur Nasrul Abit didampingi Ketua DPRD Lima Puluh Kota saat kunjungi Posko Perbatasan Sumbar di Lima Puluh Kota.
Wakil Gubernur Nasrul Abit didampingi Ketua DPRD Lima Puluh Kota saat kunjungi Posko Perbatasan Sumbar di Lima Puluh Kota. (Ade Suhendra)
LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF -

Memasuki hari kedua penerapan PSBB, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit kunjungi perbatasan di Lima Puluh Kota yang terletak di Rimbo Data, Nagari Tanjuang Pauah, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kamis 23 April 2020.

Dalam kunjungan tersebut, ia mengapresiasi posko tersebut setelah melihat administrasi pendataan yang dilakukan petugas.

Nasrul Abit mengatakan bahwa posko perbatasan di Lima Puluh Kota adalah yang terbaik dari segi administrasi pendataan orang yang melintasi batas dan ingin masuk ke Sumbar. Hal ini disampaikannya saat berkunjung bersama Asisten Setda Provinsi Sumbar Benny Warlis yang diterima langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Denny Asra dengan Kabid Pengawasan dan Keselamatan Lalin Dishub Delvis Azwar serta Kabag Humas dan Protokol Hendra.

baca juga: Jalin Silaturahim, Dandim 0306/50 Kota Buka Kegiatan Trabas di Lima Puluh Kota

'Kita harus meneruskan laporan pelintas batas ini ke Pemda yang ada di Sumbar dan selalu berkoordinasi dengan petugas kesehatan memastikan kondisi pelintas batas ini. Kemudian nantinya petugas harus memastikan kondisi setiap orang yang masuk ke Sumbar dan data-data pribadinya lengkap diisi serta memastikan dalam formulir isian siapa nama keluarga mereka yang dapat dihubungi setiap waktu dengan alamat tujuan yang lengkap dan jelas," kata Nasrul Abit .

Dalam aturan PSBB, Wagub menjelaskan bahwa penumpang kendaraan pribadi dan umum kapasitas penumpangnya yang dibolehkan hanya 50% dari tempat duduk. Apabila berlebih harus diturunkan di Posko dan petugas memfasilitasi kendaraan yang akan mereka gunakan untuk mengangkut penumpang yang berlebih ke daerah tujuannya.

baca juga: Agam Tambah 11 Kasus Positif COVID-19, Terendah dalam Sepekan Terakhir

"Kepada petugas kami sampaikan agar tetap semangat dan selalu berhati-hati dalam memastikan isian data pelintas secara benar dan dapat dipertanggung jawabkan," katanya.

Secara terpisah, Ketua DPRD Denny Asra memberikan apresiasi terhadap kunjungan wagub dan mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dorongan semangat untuk petugas yang di lapangan. Ia berharap Sumbar dapat menghadapi Pandemi COVID-19 ini dan semoga tidak ada lagi kematian yang diakibatkan oleh virus corona ini.

baca juga: Dua Warga Pessel Positif COVID-19, Masing-masing Warga Sutera dan Ranah Pesisir

"Data pelintas batas untuk orang pada hari Selasa 21 April 2020 atau sehari sebelum diterapkan PSBB di Rimbo Data adalah sebanyak 875 orang. Mudah-mudahan penerapan aturan PSBB semakin ketat dilaksanakan mulai dari pos perbatasan sampai dengan kerjasama pemerintahan nagari dan kelurahan di Sumbar untuk menghindari masyarakat kita dari virus corona ini," kata Deni Asra bersama Kabag Humas dan Protokoler Hendra.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Rezka Delpiera