Wako Solok : Zakat, Infaq dan Sedekah Kekuatan Sosial Hadapi Corona

Wako Solok, H. Zul Elfian
Wako Solok, H. Zul Elfian (Ist)

SOLOK, KLIKPOSITIF - Wali Kota Solok, H. Zul Elfian mengajak masyarakat untuk memperkuat kepedulian sosial sesama dalam menghadapi ancaman serius Penyebaran virus Corona di Kota Solok.

Menurutnya, banyak masyarakat ekonomi lemah yang terdampak secara nyata akibat wabah virus Corona . Masyarakat yang biasanya bisa berusaha secara maksimal, sekarang sudah terbatas.

baca juga: Enam Laskar FPI yang Meninggal Saat Bentrok dengan Polisi Ditetapkan Jadi Tersangka

"Zakat, Infaq dan Sedekah merupakan kekuatan sosial bagi umat muslim untuk saling membantu menghadapai dampak nyata virus Corona ," ungkap Zul Elfian didampingi Kabag Prokomp, Nurzal Gustim.

Menurut pria yang akrab disapa Buya tersebut, pada kondisi saat ini, masyarakat bisa melakukan pembayaran zakat lebih cepat dari waktunya (ta'jil az-zakat).

baca juga: Presiden Jokowi: Indonesia Masuk 35 Negara Rawan Bencana

"Ketentuannya, untuk zakat fitrah dapat dibayarkan di awal Ramadhan tanpa menunggu malam Idul Fitri (lailatul'ied) dan untuk zakat mal dapat dibayarkan lebih cepat tanpa menunggu satu tahun (huluh haul)," bebernya.

Selain itu, kendati pemerintah daerah meniadakan berbagai bentuk kegiatan ibadah berjamaah di Mesjid dan Musala, namun bukan berarti sepi dari syiar Islam.

baca juga: Diperkirakan Pandemi Tidak Akan Berakhir Tahun Ini, Berikut Pernyataan WHO

"Pengurus Masjid tetap melaksanakan syiar Agama Islam seperti ceramah, tilawah Al-Qur'an melalui pengeras suara, rekaman atau cara lainnya, walaupun jamaah beribadah di rumah masing -- masing," terangnya.

Pihaknya meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyebaran virus Corona . Menghindari keramaian, memakai masker serta mematuhi berbagai himbauan pemerintah.

baca juga: Dapat Rekomendasi Satgas Covid-19, Kemenag Siap Gelar MHQH ke-13

Penulis: Syafriadi | Editor: Eko Fajri